Sukses

Ford Hengkang, Pasar Otomotif Tak Bakal Terpengaruh

Berita Ford angkat kaki sudah sampai ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Liputan6.com, Jakarta - Berita Ford angkat kaki sudah sampai ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Keputusan ini dipercaya tidak akan mempengaruhi industri roda empat.

"Ya hak mereka. Tapi dipastikan ini tidak akan berpengaruh besar," kata Ketua III Gaikindo Johnny Darmawan saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (26/1/2016).

Lebih lanjut, Johnny menuturkan, Ford bukan cuma menghentikan operasionalnya di Indonesia, tapi juga di Jepang. "Yang saya tahu keputusan ini dibuat karena mereka lihat pasar nggak visible," imbuh dia.

Sepanjang tahun lalu, mengutip dari Gaikindo, FMI membukukan wholesale sebesar 4.986 unit. Di Indonesia, pabrikan Amerika ini meniagakan Focus, EcoSport, Fiesta, Everest, dan Ranger. Di dalam negeri pabrikan hanya menguasi 0,6 persen market share.

Tiga mobil terlaris Ford di Indonesia sepanjang tahun lalu adalah Focus Trend 1,6 liter (4.954 unit), EcoSport (2.713 unit), dan Ranger (1.315 unit).

"Ford juga sudah memberikan laporan terkait keputusannya ini ke ketua Gaikindo," tuntas Johnny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.