Sukses

Ingat, Ini Cara Buka-Tutup Radiator Mobil yang Benar

Radiator adalah salah satu komponen penting pada mobil yang berguna untuk mengatur suhu mesin.

Liputan6.com, Jakarta - Radiator adalah salah satu komponen penting pada mobil. Sebab, ia berfungsi mengatur suhu mesin dengan memutar panas dari satu medium ke medium lain.

Seperti komponen lain, radiator harus secara reguler dipantau airnya. Jika kurang, maka air harus ditambah sesuai standar. Nah, dalam hal ini, tidak bisa sembarangan dalam membuka tutup radiator.

Menurut M. Wahid, instruktur di Technic Center Daihatsu, Sunter, Jakarta Utara, saat membuka tutup dan mengganti air radiator, pastikan kondisi mesin tidak dalam kondisi panas.

"Pastikan mobil tidak dalam keadaan panas. Sebabnya, kondisi panas membuat radiator berada dalam tekanan tinggi. Ini berbahaya jika langsung dibuka," ujar Wahid, Selasa (26/1/2016).

Setelah mesin dingin, maka tutup radiator baru dapat dibuka. "Ini juga tidak boleh sembarangan. Pastikan sudah tidak ada lagi tekanan dengan cara membuka tutup 45 derajat, sampai tekanan terbebas," tambahnya.

Proses pengisian kembali cairam baru dapat dilakukan setelah itu. "Gunakan cairan yang kandungannya 70 persen air murni dan sisanya additive cairan anti karat (coolant)," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.