Sukses

Tren Pusat Keselamatan Berkendara Jadi Tempat Wisata

Astra Motor Safety Riding Center (SRC) mulai dijadikan tempat wisata oleh pelancong dari luar daerah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Astra Motor Safety Riding Center (SRC) milik Astra Motor Yogyakarta yang terletak di Jalan Sudirman No. 99, Yogyakarta, diklaim semakin digemari. Bukan hanya oleh wisatawan lokal, tetapi juga pelancong dari luar kota.

M Ali Iqbal, Safety Riding Analyst dari Astra Motor Yogyakarta, mengatakan bahwa ada lebih dari 10 kelompok wisatawan yang jumlahnya mencapai 1.500 orang datang ke SRC pada Desember tahun lalu.

"Kebanyakan adalah rombongan sekolah yang sedang liburan atau karya wisata. Mereka menyempatkan kesini untuk belajar safety riding," ujar Ali dalam rilis resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (28/1/2016).

Lebih spesifik, sepanjang 2015, Team Safety Riding Astra Motor Yogyakarta telah memberikan pelatihan keselamatan berkendara kepada 6.928 orang, dimana 2.018 dari mereka langsung melakukan praktik di SRC.

Pelatihan tidak dipungut biaya, tetapi dibimbing langsung oleh instruktur berpengalaman dengan menggunakan fasilitas standar Honda. Setiap peserta juga akan mendapatkan sertifikat tanda telah mengikuti pelatihan.

Proses pelatihan dimulai dengan teori-teori dasar, kemudian beranjak hingga praktik seperti naik dan turun kendaraan yang aman dan benar, teknik pengereman, teknik keseimbangan di atas jalan sempit serta handling kemudi yang benar.

Menurut Iqbal, tren wisata edukasi seperti ini akan semakin meningkat. Beberapa biro wisata di luar Yogyakarta bahkan telah menawarkan pelatihan keselamatan berkendara sebagai salah satu destinasi wisata mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.