Sukses

Belanda Sukses Uji Coba Truk Tanpa Sopir di Jalan Umum

Belanda jadi negara pertama yang melakukan uji coba bus tanpa sopir (otonomos).

Liputan6.com, Wageningen - Belanda jadi negara pertama yang melakukan uji coba bus tanpa sopir (otonomos). Pada uji coba yang dilakukan Kamis pekan lalu itu, bus membawa yang berisi enam orang penumpang sukses melaju sejauh 200 meter di jalan umum.

Bus mini tersebut bernama WePod. Pada uji coba tersebut, bus melaju pada kecepatan 8 km/jam, meski sebetulnya mampu melaju hingga 25 km/jam. Demikian laporan The Guardian, Senin (1/2/2016).

Jan Willem van der Wiel, selaku direktur teknis proyek itu mengatakan uji coba ini adalah tonggak sejarah. Iris van Cattenburch dari Connekt, perusahaan transportasi umum berkelanjutan, juga memuji keberhasilan ini.

Sejauh ini, WePod akan dioperasikan dari Wageningen hingga Ede di provinsi Gelderland. Pada Mei tahun ini, trayek baru akan diperluas, unit pun akan diperbanyak dengan target awal trayek sejauh 6 Km.

Nantinya, minibus yang diharapkan mampu diperluas hingga kapasitas 12 penumpang ini dapat dipesan menggunakan aplikasi smartphone. Penumpang dapat menentukan titik awal dan tujuan akhir tanpa perlu repot-repot mengantre.

WePod dikembangkan oleh Delft Technical University. Bus ini dilengkapi dengan seluruh teknologi yang dibutuhkan kendaraan otonomos seperti kamera, radar, dan GPS.

Belanda memang relatif lebih maju dibanding negara lain dalam pengembanfan transportasi otonomos. April nanti, mereka bahkan berencana akan menguji coba truk otonomos di Pelabuhan Rotterdam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.