Sukses

Soal Pameran Otomotif, Indonesia Menang Lawan Amerika

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif berskala internasional terbesar di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif berskala internasional terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, dalam beberapa hal, pameran ini lebih unggul dibanding pameran di Amerika Serikat (AS).

Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara GIIAS 2016, mengatakan salah satu kelebihan GIIAS dibanding pameran di Amerika Serikat (AS) adalah tokoh pembuka pameran. Tahun lalu, GIIAS dibuka oleh orang kedua di Indonesia, Jusuf Kalla.

"Kita bisa berbanggalah. Di mana lagi ada pameran otomotif di dunia yang dibuka oleh Kepala Negara. AS saja baru ikutin tahun ini," ujar Johnny di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Tahun lalu, JK memang membuka pameran GIIAS di Tangerang. Di sana, ia berharap semakin banyak pabrikan membuat teknologi ramah lingkungan. Ia juga berharap GIIAS bisa memberikan pembelajaran bagi masyarakat.

Sementara presiden AS, Barack Obama, baru pertama kali menghadiri Detroit Auto Show yang digelar beberapa waktu yang lalu. Di sana, ia menyinggung pengembangan mobil tanpa sopir (otonomos) dan teknologi mobil terbaru.

Johnny melanjutkan, besar atau tidaknya sebuah pameran tergantung dari parameter apa yang digunakan, dan dibuka oleh kepala negara adalah bukti besarnya GIIAS yang tidak bisa dilakukan pameran lain.

Sementara dari sisi kapasitas pengunjung, Johnny mengklaim Indonesia juga bisa berbangga. "Sebab kita terbesar di Asia Tenggara, dan ketujuh di dunia. Kelasnya sama seperti pameran otomotif internasional seperti Detroit Auto Show, Tokyo Motor Show," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia. Pameran ini memulai sejarahnya sejak 1986

    GIIAS

  • GIIAS 2016

Video Terkini