Sukses

Toyota Avanza Tak Perlu Perawatan Harian, Asal...

Jika mobil ini telah dirawat sebagaimana mestinya, sebetulnya sang empunya mobil tidak perlu melakukan perawatan harian.

Liputan6.com, Depok - Toyota Avanza, sebagaimana mobil-mobil lainnya, memiliki jadwal perawatan rutin. Biasanya ditentukan berdasarkan jarak tempuh atau periode tertentu. Perawatan ini dilakukan agar performa kendaraan tetap terjaga.

Jika mobil ini telah dirawat sebagaimana mestinya, sebetulnya sang empunya mobil tidak perlu melakukan perawatan harian. Hal ini diungkapkan oleh Ardiansyah, Service Manager PT Setiajaya Mobilindo, dealer resmi Toyota.

"Kalau sudah dirawat secara berkala di bengkel resmi, maka perawatan harian sebetulnya sudah tidak perlu lagi," ujar Ardiansyah di bengkel yang terletak di Depok, Jawa Barat, Kamis (4/2).

Menurutnya, hal ini disebabkan karena tiap perawatan resmi, semua pabrikan pasti telah mempertimbangkan tiap aspeknya. "Itu semua sudah dihitung pabrik, misalnya kapan olinya habis, kapan remnya aus, dan lain-lain," tutur Ardiansyah.

Saat perawatan, biasanya bengkel resmi sudah memiliki item apa saja yang harus dicek atau diganti. "Berbeda-beda tiap itemnya. Yang 5.000 pengecekan dan penggantian item apa, yang 10 ribu seperti apa," ucap Ardiansyah.

Bahkan, ia tidak menganjurkan konsumen melakukan perawatan harian. "Terkecuali," ujar Ardi, "memang ada histori mobilnya rusak. Misalnya air radiator berkurang terlalu cepat, oli juga. Itu baru wajib dirawat harian, sebelum dicek di bengkel resmi sesuai jadwal," tambahnya.

Untuk diketahui, semua mobil Toyota punya jadwal perawatan rutinnya masing-masing. Untuk mesin Diesel seperti Innova, perawatan berkalanya per 5.000 km, sementara untuk mesin bensin per 10 ribu km atau per enam bulan sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini