Sukses

Merasakan Kelincahan All New CBR150R di Sentul Kecil

PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar test ride all new CBR150R di Sirkuit Karting Sentul

Liputan6.com, Sentul - All new Honda CBR150R diluncurkan pada 14 Februari 2016 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Saat itu telah dijadwalkan sesi test ride untuk jurnalis. Sayangnya rencana itu batal lantaran terkendala cuaca yang kurang bersahabat.

Sebagai gantinya, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar test ride all new CBR150R di lokasi berbeda, yakni di Sirkuit Karting Sentul, Kamis (18/2). Perpindahan lokasi ini cukup disayangkan karena kami kurang puas dalam menggeber motor sport 150 cc yang telah dilokalisasi tersebut.

Sebagaimana diketahui, Sirkuit dengan sebutan lain Sentul Kecil ini didominasi dengan tikungan berkarakter stop and go dan tidak memiliki trek panjang untuk menguji top speed. Dengan kata lain, kami hanya bisa mengulas soal handling motor berbanderol Rp 32,5 juta itu.


Sebelum memasuki lintasan, pembalap binaan AHM Dimas Ekky Pratama memberikan arahan dan tips agar para jurnalis lebih maksimal dalam melahap Sentul Kecil. Selain itu, pembalap CEV Moto2 Spanyol itu juga memamerkan skill-nya dengan menggeber CBR150R anyar sebanyak lima putaran.

"Ini motor standar dengan ban yang dipakai untuk harian. Jadi rasakan feeling dulu sebelum gas penuh," katanya.

Lebih lanjut ia menyarankan saat memasuki tikungan pertama menggunakan gigi tiga dan terus dipertahankan sampai memasuki tikungan ke empat. Keluar dari tikungan kelima oper gigi ke posisi empat lalu engine brake sampai gigi dua untuk melibas tikungan keenam yang cukup tajam.

"Masuk R (tikungan) tujuh pindah ke gigi tiga dan di R9 pindah lagi gigi dua, keluar R10 ganti gigi tiga dan di R12 turun ke dua lagi. Keluar R12 masuk gigi tiga dan di R14 baru masuk gigi empat," bebernya.


Tips yang diberikan pembalap 24 tahun itu coba kami aplikasikan saat berada di lintasan. Hasilnya motor bisa dikendalikan dengan baik dan tak bergerak liar.

Penggunaan rangka trellis membuat motor ini lincah saat melibas tikungan. Ban depan berukuran 100/80-17 52P dan 130/70-17 62P di belakang memberikan kepercayaan diri saat cornering.

Liputan6.com yang memiliki tinggi badan 175 cm tidak terlalu bermasalah dalam mengendalikan motor dengan dimensi panjang 1.983 mm, lebar 694 mm, dan tinggi 1.038 mm tersebut. Motor dengan bobot kosong 135 terasa enteng saat bermanuver.


Menyoal performa, karena menggunakan basis mesin yang sama dengan New Sonic 150 dan New CB150R StreetFire membuat new CBR150R terasa agresif. Perpindahan gigi juga terbilang halus.

Sayangnya kami tidak bisa gas pol untuk merasakan kecepatan maksimal lantaran lintasan yang terbatas. Namun secara singkat dapat kami katakan kalau motor ini terbilang responsif.

Sebagai informasi, all new Honda CBR150R keliran white dan black dibanderol Rp 32,5 juta, sedangkan livery Honda Racing Red dipatok Rp 33,1 juta, dan MotoGP Edition Rp 33,3 juta. Harga tersebut berstatus On the Road (OTR) Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.