Sukses

Gempur Segmen Coupe Premium, BMW Andalkan Seri 8 Anyar

Seri 8 bakal berwujud sedan empat pintu yang mirip dengan konsep BMW Seri 6 Gran Coupe.

Liputan6.com, Munich - BMW berencana membangkitkan line up Seri 8 dengan produk yang diproyeksi meluncur pada 2020. Model flagship ini dipersiapkan untuk berkompetisi dengan coupe S-Class dari Mercedes Benz serta Bentley Continental GT.

Informasi yang bocor dari pusat R&D BMW sebagaimana dilansir Autocar menyebut jika pabrikan telah menyiapkan dua layout berbeda untuk Seri 8 sebelum era kepemimpinan CEO Harald Krueger. Bos baru BMW dalam rencananya juga ingin menambah line up untuk model premium.

Rencana utama pengembangan Seri 8 yaitu sedan empat pintu yang mirip dengan konsep BMW Seri 6 Gran Coupe, namun memiliki dimensi yang lebih besar serta penampilan lebih berkelas. Sementara itu, alternatifnya membangun coupe klasik dua pintu yang juga hadir dalam versi cabriolet.

Alasan yang mendorong Krueger ingin memperluas jangkauan di segmen premium karena melihat kesuksesan dan profitabilitas yang diraih Mercedes Benz S-Class di pasar otomotif utama seperti Amerika Serikat dan China.

Mercedes berhasil mengapalkan 125 ribu S-Class sepanjang 2015. Sebaliknya, BMW baru mengirim 36.364 unit Seri 7 di tahun yang sama.

Rumor mengenai dibangkitkannya Seri 8 telah muncul sejak 2010. Namun demikian, kabar ini dibantah langsung oleh bos BMW pada 2013 ketika peluncuran konsep Gran Lusso yang dirancang Pininfarina.

BMW Seri 8 sendiri hanya eksis selama 10 tahun yang diproduksi antara 1989 sampai 1999. Saat itu Seri 8 hanya ada dalam model coupe dua pintu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini