Sukses

Fakta Unik Lamborghini, Dihina Ferrari hingga Jet Tempur

Lamborghini memiliki sisi unik yang tidak banyak diketahui umum.

Liputan6.com, Bologna - Lamborghini merepresentasikan mobil yang memiliki performa tak terbantahkan. Tak heran, `jet darat` keluarannya sukses diburu konsumen berkocek tebal.

Siapa sangka, Lamborghini memiliki sisi lain yang unik. Selain merintis sebagai produsen traktor, perusahaan besutan Ferrucio Lamborghini ini juga menyimpan cerita menarik. Penasaran? Berikut fakta unik Lamborghini sebagaimana dilansir dari Therichest:

1. Lamborghini dulunya pabrik traktor

Sebelum menjelma jadi pabrikan supercar papan atas dunia, Lamborghini dulunya adalah produsen traktor. Ya, Ferrucio Lamborghini selaku pendiri memanfaatkan pengalaman dan kemampuannya di bidang mekanis selama Perang Dunia II untuk membangun traktor di rumahnya.

Saat perang berakhir Ferrucio membuka bengkel perawatan traktor dan mulai memproduksi traktor memanfaatkan sisa onderdil militer. Dengan sedikit keberuntungan, Lamborghini mulai merambah industri otomotif pada awal dekade 1960-an.

Ide membangun mobil berawal ketika Ferrucio mendapat perlakuan buruk dari Ferrari ketika mobil sportnya bermasalah. Ini menjadi cambuk bagi Ferrucio membangun sportscar dan berambisi menyaingi `kuda jingkrak`.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Falsafah banteng

Pabrikan mobil-mobil super dunia memiliki identitas berupa logo yang mudah diingat seperti misalnya Ferari dengan kuda jingkraknya atau Maserati dengan logo trisula. Ide menggunakan simbol banteng sebagai logo pabrikan karena sang pendiri yaitu Ferrucio Lamborghini lahir dalam zodiak Taurus yang bersimbol banteng.

Selain itu, ide lainnya datang ketika Ferrucio bertandang ke Sevilla, Spanyol pada 1962. Ia melihat adu banteng jantan bertanduk besar. Inilah yang melandasi Ferrucio lantas mengambil inspirasi dari binatang bertanduk tersebut. Sejak saat itu banyak model ciptaan Lamborghini dinamai jenis banteng atau peternakan banten

3. Inspirasi dari jet tempur

Untuk orang-orang biasa dengan mata tidak terlatih maka akan menganggap desain pada mobil Lamborghini modern sama saja, padahal sebenarnya tidak. Tidap model memiliki perbedaan karena desainer turut membekali fitur yang berbeda pada mobil.

Aventador contohnya, Fillipo Perini mengadopsi garis bodi mengacu pada jet tempur F-22 Raptor dan pembom B-2. Untuk warnanya supercar ini terinspirasi dari kumbang hijau yang mengilap.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Bikin mobil golf

Sebagaimana diketahui Lamborghini telah membangun dua jenis mobil yaitu coupe dan SUV. Namun, pabrikan asal Bologna ini juga pernah menciptakan mobil golf.

Mobil ini hanya dibuat untuk kepolisian Italia. Mobil ini digunakan oleh polisi untuk patroli dan menjaga ketertiban di kawasan Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Memang ini tidak secepat mobil patroli Kepolisan Dubai, Uni Emirat Arab yang menggunakan versi supercar. Namun demikian, mobil mungil ini jelas digunakan untuk tugas sehari-hari ketimbang diparkir untuk menggoda wisatawan seperti diDubai.

5. Berjasa pada Pagani

Siapa sangka Lamborghini berjasa terhadap rancang bangun mobil bermerek Pagani. Pada dekade 1980-an Horacio Pagani selaku pendiri pabrikan Pagani merupakan insinyur jempolan yang memiliki ide inovatif untuk desain mobil selanjutnya.

Saat itu, Horacio melihat serat karbon bisa digunakan untuk material membangun mobil. Usulnya menggunakan serat karbon ditolak oleh bos Lamborghini namun ia tetap membangun Countach dengan material tersebut. Alhasil, bobot mobil berkurang hingga 454 kilogram ketimbang versi standar. Pembuktian ini nyatanya tidak berhasil meyakinkan petinggi pabrikan atas keunggulan material itu.

Ferrari pada 1987 kemudian meluncurkan F40, supercar ringan yang dibangun dari serat karbon. Sejak saat itu Horacio tersadar jika ingin mengejar impian membangun mobil super ringan maka harus mendirikan pabrikan sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini