Sukses

Yamaha R1 Versi Telanjang Lebih Jinak

Versi telanjang Yamaha R1, MT-10 lebih bersahabat dengan pengendara.

Liputan6.com, Tokyo - Tahun lalu Yamaha telah memperkenalkan MT-10 pada EICMA di Milan. Jelang peluncurannya pada musim semi tahun ini, Yamaha mengungkap versi produksi naked bike yang jadi suksesor FZ1 itu.

Mengambil platform serupa dengan YZF-R1, MT-10 saling berbagi kompenen dengan saudaranya yang berwujud sport fairing. Mulai dari suspensi depan upside down, mesin, transmisi hingga rem menggunakan komponen serupa.

Dilansir Autoevolution, perbedaan mencolok selain pada sisi desain terdapat pada karakter mesin yang dihasilkan. Yamaha merancang ulang mesin MT-10 lebih bersahabat dengan pengendara dengan tujuan menciptakan pengalaman berkendara yang santai.

Mesin crossplane tersebut nantinya hanya sanggup menyemburkan tenaga sebesar 160 Tk pada 11.500 rpm. Tenaga ini dinilai jauh lebih dari cukup untuk berkendara di lintasan balap dan ideal ketika melintasi jalan bebas hambatan serta menyalip.

Pabrikan berlogo garpu tala ini tetap mempertahankan torsi sebesar 111 Nm namun menggeser titik puncak ke putaran mesin lebih rendah yaitu 9 ribu rpm. Adapun pada R1 torsi puncak akan dihasilkan pada 11 ribu rpm.

Ketika diluncurkan, MT-10 akan mendapat pilihan aksesori di antaranya knalpot Akrapovic, penghangat grip, quickshifter, pelapis jok berbahan kain hingga visor yang lebih tinggi.

Yamaha MT-10 memiliki bobot kosong 190 kilogram dan penuh 210 kilogram. Street bike ini akan tersedia di Inggris pada akhir April atau awal Mei dengan harga 9.999 pound sterling atau sekira Rp 189 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini