Sukses

Motor Bebek Bertenaga Listrik Honda Mau ke RI, Ini Jadwalnya

Motor bebek listrik Honda yang diberi nama EV Cub resmi diperkenalkan dalam varian listrik pada Tokyo Motor Show 2015

Liputan6.com, Jakarta - Honda Cub resmi diperkenalkan dalam varian listrik pada Tokyo Motor Show 2015. Meski dalam bentuk konsep Honda berencana meniagakan motor itu. Kapan?

Shinji Aoyama, Chief Operating Officer of Motorcycle for Motorcyle Honda Motor mengatakan, Honda kemungkinkan meniagakan EV Cub secara global pada 2018 termasuk Indonesia.

"Tapi tak mudah memasarkannya. Harganya terlalu mahal dan tidak terjangkau," katanya saat ditemui di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Sabtu (5/3/2016).

Menurutnya, yang membuat EV Cub dibanderol tinggi karena baterai. "Sambil nunggu baterai mungkin kami tidak akan meluncurkannya ke konsumen. Karena pertimbangan utamanya pada baterai," Aoyama menambahkan.

Untuk diketahui, harga baterai EV Cub bisa mencapai US$ 700-800 atau sekira Rp 9-10 jutaan.

Saat berbincang dengan Liputan6.com, Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya mengatakan, perlu ada studi lebih lanjut menyoal meniagakan EV Cub. Harga baterai memang jadi persoalan.

"Satu setengah atau dua tahun sekali baterai harus diganti. Harganya tentu saja lebih mahal bila dibandingkan biaya bensin motor yang hanya Rp 4,8 juta," katanya.

Di luar harga tinggi, jarak tempuh dan waktu pengisian yang relatif lama jadi pertimbangan.

"Apakah mungkin bisa terima motor ini tak bisa diandalkan untuk jarak jauh dan nge-charge baterainya juga lama," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.