Sukses

Ragam Harga Yamaha NMax di Penjuru Dunia, Inggris Paling Mahal

NMax adalah model global Yamaha yang dibuat di Indonesia. Berapa harga kendaraan ini di pasar tujuan ekspor?

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha NMax adalah model global Yamaha yang diproduksi di Indonesia. Indonesia menjadi basis produksi skutik bongsor ini. Adapun kendaraan diekspor ke dua puluh lebih negara tujuan, dari mulai Eropa seperti Inggris, hingga negara tetangga, Malaysia.

Lantas, di Malaysia, berapa Yamaha mematok NMax? Menurut laman Paultan, diakses Selasa (8/3/2016), Hong Leong Yamaha, Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Malaysia, menjual NMax dengan harga RM 8.812 atau setara dengan Rp 28,2 juta.

Angka ini lebih mahal Rp 1 juta dibanding yang dijual di Indonesia. Sebagai pembanding, di situs dealeryamaha.com, NMax ABS dibanderol dengan harga Rp 27,9 juta. Sementara NMax non ABS dibanderol Rp 23,5 juta.

Harga di Malaysia itu akan lebih mahal lagi. Pasalnya, menurut sumber yang sama, Rp 28,2 juta itu masih harga off the road, belum termasuk biaya surat-surat, pajak, ataupun asuransi. Skutik ini akan tersedia mulai April nanti.

Spesifikasi NMax di Indonesia dan Malaysia tidak berbeda. Keduanya menggendong mesin 150 cc liquid-cooled, SOHC four-valve single with Variable Valve Actuation (VVA) yang disandingkan dengan transmisi CVT.

Beda lagi dengan di Jepang. di Negara Sakura itu, sebagaimana dilaporkan ResponseJP, NMax akan dibanderol dengan harga 340.200 yen atau sekira Rp 39,7 juta. NMAX versi Jepang mengusung mesin lebih kecil, yaitu 125 cc berpendingin cairan.

Bagaimana dengan Inggris? Menurut laman resminya, NMax di sana dibanderol dengan harga 2.771 pound sterling atau sekira Rp 52 juta. Semakin jauh negara tujuan, harga motor ini memang semakin mahal.

Untuk diketahui, NMax memang dirancang sebagai model skuter global Yamaha. Kendaraan bongsor ini menggunakan mesin dengan teknologi Blue Core dan menargetkan pasar anak muda perkotaan. Mesin tersebut mampu semburkan tenaga 14,8 Tk dan torsi 14,4 Nm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.