Sukses

Mobil Pakai Kaca Film, Sinyal Telepon dan GPS Terganggu?

Meski kaca film V-Kool tebal atau berlapis, sinyal ponsel masih bisa lancar keluar masuk kendaraan.

Liputan6.com, Cibubur - Kaca film V-Kool dibuat dari 7-10 lapisan, termasuk di antaranya terbuat dari logam. Dengan teknologi itu mereka mengklaim produknya yang terbaik dalam menghalau panas matahari. Tapi, bukankah logam justru bisa menganggu sinyal ke dalam mobil?

Menurut Yusup Suseno, National Marketing Manager V-Kool, sejauh ini hal tersebut tidak dikeluhkan konsumen, khususnya tentang sinyal ponsel. Artinya, meski kaca film V-Kool tebal atau berlapis, sinyal ponsel masih bisa lancar keluar masuk kendaraan.

"Sebetulnya sih kita sudah coba (uji coba sinyal). Kalau sinyal tidak ada pengaruh. Untuk saat ini banyak konsumen yang tidak mengeluhkan itu," ujar Yusup di sela Media Visit 2016 ke dealer V-Kool di Cibubur, Kamis (17/3/2016).

Meski begitu, kasus berbeda ditemukan pada sinyal GPS, terutama yang terintegrasi dengan head unit. Meski tidak secara eksplisit, Yusup mengakui sinyal GPS sulit menembus mobil yang telah dilapisi kaca fim V-Kool.

"Kita sudah tes juga, terutama yang mengeluh di bagian GPS. Kalau GPS yang ikut (terintegrasi) di head unit, kita juga tidak mengerti sistemnya, aplikasinya, sesuai dengan yang portable atau tidak. Cuma kalau yang portable kita pastikan tidak mengganggu," ujar Yusup.

Sebelumnya, di kesempatan yang berbeda, Billy Susanto selaku Head of After Sales Service V-Kool mengaku bahwa baik sinyal GPS dan ponsel masih bisa menembus kaca film. Tapi, dia tidak menyebut apakah ada perbedaan antara GPS potrable atau yang terintegrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini