Sukses

Nissan Evalia Listrik Jadi Kendaraan Operasional Kerajaan Monako

Nissan Evalia didatangkan oleh pihak kerajaan sebagai upaya untuk mengurangi emisi gas buang.

Liputan6.com, Monte Carlo - Sudah cukup lama Nissan menyediakan varian mobil listrik pada NV200 atau yang dikenal sebagai Evalia. Kapasitas angkut NV200 yang relatif besar serta ramah lingkungan membuat minivan ini dipercaya oleh Kerajaan Monaco sebagai mobil operasional di lingkungan istana.

Kerajaan Monako yang diwakili oleh Pangeran Albert II dalam suatu upacara resmi menerima dua unit e-NV200 yang merupakan versi listrik dari NV200. Ini jadi suatu sejarah bagi mobil listrik tersebut karena digunakan di lingkungan keluarga kerajaan.

Van ini juga didatangkan oleh pihak kerajaan sebagai upaya untuk mengurangi emisi gas buang. Ini juga menjadi langkah berkelanjutan yang sedang dijalankan oleh Pangeran di Monako.

"Mengurangi emisi gas rumah kaca sangat penting dan negara kami telah menetapkan target yang ambisius. Tujuan kami adalah untuk mencapai penurunan 50 persen emisi karbon pada tahun 2030, dengan tujuan akhir menjadi karbon netral pada 2050," kata Pangeran Albert sebagaimana dilansir Carscoops.

Sejak 2012 lalu Monako berusaha mengurangi emisi sebesar 13,2%. Ini adalah program lanjutan yang berkaca pada periode 2008-2012 di mana negara monarki di sebelah selatan Prancis tersebut berhasil menekan emisi rata-rata sebesar 8%.

"Dalam bermasyarakat, kita menghadapi tantangan lingkungan berupa kendaraan tanpa emisi. Kendaraan listrik menawarkan solusi yang dapat membantu mengatasi tantangan ini," ujar Kepala Nissan Eropa, Paul Willcox.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.