Sukses

10 Karakter Utama Sepeda Motor Sport

Berikut adalah 10 karakter utama yang ada di semua motor sport.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor sport semakin digemari. Hal ini terlihat melalui statistik penjualan yang dikeluarkan lembaga resmi. Di Indonesia, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), hingga Februari ini penjualannya mencapai 106.264 atau 11,29 persen dari penjualan secara keseluruhan.

Kelebihan motor ini beragam, dari mulai kinerja hingga kecepatan, meski harganya relatif lebih mahal dibanding motor lain. Seseorang yang membeli motor sport dibanding motor jenis lain tentu punya alasannya masing-masing.

Meski berbeda-beda, pada dasarnya ada beberapa karakteristik yang pasti ditawarkan semua motor sport. Menurut laman Cycleworld, diakses Jumat (18/3/2016), ada 10 karakter yang ada pada tiap motor sport.

Karakter pertama adalah strong brakes. Maksudnya, karena kecepatan yang ditawarkan cukup tinggi, maka rem motor ini umumnya lebih baik dibanding rem motor biasa. Ciri kedua adalah stiff frame atau rangka yang kaku.

High cornering clearance jadi ciri ketiga. Ciri ini membuat pengendara dapat `merebah` lebih rendah dibanding motor biasa. Keempat adalah low handlebars atau stang yang pendek, agar hambatan angin dapat dikurangi.

Ciri kelima adalah adjustable suspension atau suspensi yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalanan dan berat pengendara. Ada pula minimal seat sebagai ciri keenam. Meski memang, ini biasanya jadi pertimbangan sekunder tiap pabrikan.

Ketujuh, sebuah motor sport biasanya memiliki low-profile tyre. Ban yang rendah membuat kendali lebih maksimal. Kedelapan adalah aerodymanic bodywork. Tentu, dengan panel body yang ramping dan dinamis, alur angin yang mengganggu mobilisasi motor dapat diminimalisir.

Ciri kesembilan adalah engine yang kuat. Poin ini tak perlu dipertanyakan lagi. Semua motor sport pasti menawarkan mesin yang performanya di atas rata-rata motor biasa. Terakhir adalah compact riding position. Posisi ini membuat pengendara dapat lebih nyaman dalam mengontrol kendaraan dengan kecepatan tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini