Sukses

Pekerja Porsche Dapat Bonus Tahunan Hingga Rp 131 Juta

Para pekerja Porsche yang ada di Jerman akan mendapat bonus tahunan sebesar Rp 131 juta per orang.

Liputan6.com, Stuttgart - Porsche mengatakan akan membayar para pekerjanya dengan bonus yang lebih tinggi, meski perusahaan induknya, Volkswagen (VW), tengah dilanda krisis akibat skandal Dieselgate.

Untuk diketahui, skandal Dieselgate membuat VW harus putar otak bagaimana mengelola keuangannya yang terbatas. Mereka diprediksi harus membayar biaya kerugian triliunan Rupiah. Bahkan beberapa hari terakhir tersiar kabar bahwa mereka akan mem-PHK 3.000 pekerja di Jerman.

Dilaporkan Reuters, Porsche akan memberikan bonus kepada hampir 20 ribu stafnya di pabrik Stuttgard dan Leipzig sebesar 8.911 Euro atau sekira Rp 131 juta per orang. Tahun lalu, mereka `hanya` mendapat bonus sebesar 8.600 Euro saja.

Sebagai pembanding, anak perusahaan VW lain yang membuat mobil-mobil mewah, Audi, hanya memberikan bonus pada pekerjanya rata-rata 5.420 Euro. Padahal, di tahun sebelumnya mereka memberikan bonus sebesar 6.540 Euro.

CEO Porsche, Oliver Blume, mengatakan bahwa pekerja layak menerima bonus sebesar itu karena mereka membantu pabrikan dalam "mencapai hasil yang luar biasa dalam lingkungan yang sama sekali tidak mudah."

Memang, dari sisi penjualan, Porsche sangat gemilang. Tahun lalu mereka bahwa menjual lebih banyak 500 persen dibanding 2014, yaitu sebanyak 225.121 unit mobil. Penjualan ini sedikit banyak didongkrak oleh berhasilnya penjualan Macan.

Hasil ini membuat pabrikan mobil sport asal Jerman itu mampu meningkatkan laba operasional mencapai 3,4 miliar Euro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini