Sukses

Bila Seluruh Taksi di Jakarta Demo, Mengular dari DPR-Cikarang

Jumlah taksi di Jakarta hingga 2014 tercatat sebanyak 27.079 unit.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan sopir taksi di Jakarta melakukan demonstrasi menuntut dihentikannya aktivitas dari transportasi berbasis aplikasi. Mereka berkumpul di sekitar Monumen Nasional dan depan gedung DPR/MPR.

Para sopir ini membawa serta mobil yang mereka kemudikan sehari-hari. Saat aksi, rombongan mobil taksi diparkirkan secara teratur hingga memenuhi tiga ruas jalan.

Berdasarkan data statistik yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik tahun lalu, jumlah taksi di Jakarta hingga 2014 tercatat sebanyak 27.079 unit. Sementara itu data terakhir Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada 2014 lalu menyebutkan jumlah taksi yang beroperasi mencapai 25.800 unit.

Adapun jumlah ideal menurut Dinas Perhubungan DKI sebanyak 24 ribu unit. Dari jumlah tersebut, yang baru beroperasi sekitar 12 ribu unit kendaraan.

Adapun mobil yang digunakan untuk taksi kebanyakan Toyota Limo. Ini merupakan turunan varian dari Vios yang dijual oleh PT Toyota Astra Motor.

Sedan ini memiliki dimensi panjang keseluruhan 4.410 mm. Menurut perhitungan kasar, bila seluruh jumlah taksi ikut diajak demo, maka mobil ini akan berbaris ke belakang sepanjang 39,806 kilometer. Jika diukur, mobil taksi akan mengular dari DPR/MPR sampai dengan daerah Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Namun apabila hanya sekitar 12 ribuan saja yang ikut demo, maka panjang antrean mobil yang bederet dalam tiga lajur mencapai 17,64 kilometer. Antrean akan mengular hingga kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Jumlah ini pastinya akan lebih banyak karena perusahaan taksi akan terus menambah armada sepanjang 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini