Sukses

Jangan Pernah Tinggalkan Anak-anak di Mobil Sendirian

Meninggalkan anak-anak di dalam mobil sendirian bisa mengancam keselamatan jiwa.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Membawa anak-anak saat berkendara tentunya butuh perhatian serta perlakuan khusus. Salah satu aspek utama yang harus diperhatikan orang tua yaitu jangan sampai meninggalkan anak-anak di dalam mobil sendirian meskipun sebentar saat mobil dalam kondisi mati dan kaca tertutup.

Dilansir Paultan, hawa panas di dalam mobil tidak bisa dianggap enteng oleh siapapun. Sebab, kejadian ini bisa mengancam keselamatan jiwa.

Dr. Raj Kumar Maharajah of the Medical Practitioners Coalition Association menegaskan bila perilaku meninggalkan anak sebaiknya tidak dilakukan sama sekali.

"Saat seorang anak berada di kendaraan selama cuaca panas, ia bisa terkena heatstroke atau kehilangan kontrol suhu tubuh atau kelelahan hebat. Kemampuan seorang anak untuk mengatasi hawa panas bervariasi," jelasnya.

Meninggalkan anak di mobil yang tertutup tetaplah berbahaya Meskipun cuaca di luar mobil belum tentu panas. Hawa kabin yang pengap saat mobil tertutup sekira 15 menit bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini