Sukses

Nih, Empat Sepeda Motor Bertampang Sangar

Headlamp jadi bagian yang paling mirip dengan robot.

Liputan6.com, Jakarta - Pengembangan sepeda motor tidak hanya berfokus pada performa dan handling. Aspek estetika juga jadi fokus utama para insinyur untuk menciptakan karakter dari sepeda motor.

Untuk itu, desain sepeda motor diciptakan dengan gaya yang sporty dan agresif. Untuk menampilkan kesan modern, tim desainer mendandani kuda besi bergaya futuristik dan radikal.

Pada kelas superbike atau sepeda motor bermesin 1.000 cc ke atas terdapat beragam merek yang menyuguhkan model bergaya futuristik. Gaya ala robot ini paling terlihat pada sisi headlamp.

Meskipun kaku, garis desain sebenarnya turut mendukung aerodinamika kendaraan. Desain dengan sudut kaku dan garis menonjol jadi ciri khas. Berikut daftar superbike bermuka robot yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

BMW S1000R

S1000R memiliki desain headlamp dan garis bodi yang agresif. Gaya bak robot terlihat dari penggunaan proyektor sebagai salah satu reflektor pada lampu depan.

Selain itu, kesan kekar muncul dari fairing samping yang menutupi mesin berkubikasi 999 cc. Ini dipadukan gaya sporty dengan sudut tajam yang terdapat pada sisi ekor.

BMW S1000R memiliki performa yang sudah tidak diragukan lagi gaharnya. Mesin empat silinder segaris sanggup memproduksi tenaga 160 Tk pada 11.000 rpm dengan torsi 112,5 Nm pada 9.250 rpm. Streetbike ini sanggup dipacu hingga kecepatan lebih dari 201 km/jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

KTM Super Duke R 1290

Gaya cadas dan radikal jadi identitas utama KTM Super Duke R 1290. Desain ini tampak jelas pada bentuk tangki yang berotot dan rangka teralis yang menutupi blok mesin. Belum lagi desain headlamp pada Super Duke R 1290 dengan garis tegas dan sudut tajam.

Desain streetbike ini merupakan hasil dari usaha keras para desainer KTM. Mereka ingin membuat sebuah inovasi terbaru yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Kerja keras para desainer menciptakan Super Duke R 1290 telah berbuah manis. Street bike ini mampu menarik perhatian dari penggemar otomotif di Jerman dan menyabet gelar Motorcycle of the Year 2014 untuk segmen motor naked.

Sebagai sumber tenaga, pabrikan asal Austria membekali Super Duke R 1290 dengan mesin dua silinder berkapasitas 1.301 cc dengan pendingin cairan. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 180 Tk.

Kawasaki Ninja H2 dan H2R

(Foto: MCN)

Super sport ini memiliki gaya fairing yang futuristik dengan sudut-sudut tajam mendukung aerodinamika. Selain itu, desain rangka motor dirancang untuk meningkatan stabilitas berkendara saat kecepatan tinggi.

Kawasaki Aerospace Company ditunjuk merancang bodi pada super sport ini. Bobotnya juga diusahakan supaya ringan dengan pemakaian serat karbon.

Fairing pada Ninja H2R memiliki hambatan angin kecil dengan lubang hisap udara pada bagian depan. Selain itu, fairing juga memiliki alur yang mampu mendinginkan mesin secara optimal.

Ninja H2 mengusung mesin supercharged 998 cc DOHC 16 katup yang mampu memproduksi tenaga sebesar 197 Tk pada 10.000 rpm. Pada model H2R output-nya lebih besar, mencapai 296 Tk. Kuda besi tersebut dikatakan sanggup melaju hingga kecepatan maksimum 337 km/jam.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Yamaha MT-10

Model terakhir dengan gaya robot yaitu Yamaha MT-10. Debut global MT-10 dilakukan pada ajang EICMA 2015 lalu. Yamaha menciptakan MT-10 sebagai versi naked bike dari YZF-R1.

Yamaha mendesain MT-10 dengan gaya yang sangat agresif dan bengis. Ini terlihat dari desain headlamp yang mirip dengan robot pada film Transformers.

Sepasang reflektor berbentuk proyektor mirip seperti mata robot saat lampu dinyalakan. Selain itu, blok mesin berukuran besar tanpa tertutup fairing membuat tampilannya terlihat kekar.

MT-10 menggunakan rangka alumunium Deltabox serupa dengan R1 namun dengan wheelbase yang lebih pendek, yaitu 1.400 mm. Ini membuat pengendalian MT-10 lebih lincah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Superbike atau akrab dikenal World Superbike (WSBK) merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    Superbike atau akrab dikenal World Superbike (WSBK) merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia

    Superbike