Sukses

Diuji Tabrak, Seberapa Aman Honda BR-V?

Honda BR-V dijui tabrak oleh ASEAN NCAP. Berapa skor yang berhasil diperoleh?

Liputan6.com, Kuala Lumpur - New Car Assessment Program for Association of Southeast Asian Nations (ASEAN NCAP), sebuah organisasi independen yang mempromosikan mobil aman dengan metode uji tabrak, baru saja merilis hasil Honda BR-V.

Dilaporkan Paultan, Jumat (1/4/2016), dalam uji tabrak itu, mobil yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada Agustus tahun lalu itu memperoleh rating lima bintang. Nilai maksimal yang bisa diperoleh.

Crossover ini mencetak angka 14,79 dari maksimal 16 untuk sistem perlindungan orang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP). Sementara untuk perlindungan anak atau Child Occupant Protection (COP), BR-V memperoleh 72 persen.

Ada catatan penting dalam uji tabrak ini. Lima bintang diberikan bagi model yang dilengkapi dengan fitur Electronic Stability Control (ESC). Itu artinya, tak semua varian BR-V memperoleh bintang tertinggi.

Untuk varian BR-V tanpa ESC dan seat belt reminder untuk penumpang depan, ASEAN NCAP memberi rating empat untuk kategori AOP.

Dengan hasil ini, BR-V mencetak nilai lebih baik dibanding SUV lain yang pernah diuji ASEAN NCAP. Misalnya, Mitsubishi Pajero Sport yang mendapatkan 12,08 poin dan empat bintang, serta Toyota Rush dengan 12,47 poin dan empat bintang.

Untuk diketahui, Honda BR-V tersedia dalam lima varian, dimana varian tertinggi (BR-V E Prestige CVT) dibanderol dengan harga Rp 261,5 juta. Semua varian menggendong mesin i-VTEC 1,5 yang semburkan tenaga 118 Tk dan torsi 145 Nm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.