Sukses

Mobil MINI Mau Pakai Pintu Gunting

Pintu gunting mengurangi kebutuhan ruang parkir untuk mobil.

Liputan6.com, Oxford - Pintu gunting biasanya digunakan pada mobil sport atau keperluan modifikasi. Namun demikian, MINI tergoda untuk memasang pintu yang cara membukanya di dorong ke atas ini untuk sejumlah model.

Dilansir Worldcarfans, tiga model yang didandani dengan pintu gunting antara lain MINI 3 Door, Paceman, dan Convertible. Penggunaan pintu gunting akan menambah harga sebesar 1.959 euro atau sekira Rp 29,36 juta.

Nantinya, pintu gunting juga bakal tersedia pada model lima pintu, yaitu Clubman dan Countryman. Adanya pintu tersebut menurut perusahaan turut mengurangi kebutuhan ruang parkir untuk mobil.

Pintu ini juga cukup canggih karena dapat dibuka dengan menggunakan remote control dari jarak jauh, atau menekan tombol yang dipasang pada pintu. Fungsi pembuka pintu otomatis tersebut juga bisa dioperasikan melalui smartphone melalui aplikasi MINI Excitement.

Pintu gunting mampu mengurangi ruang untuk keluar masuk hingga 30 persen, dari awalnya 2.681 mm menjadi 1.930 mm. Cara kerja pintu tersebut menggunakan elektro-hidrolik serta material yang dibuat lebih rigid untuk perlindungan samping.

Jenis pintu ini diklaim tetap memberi cukup ruang yang nyaman untuk akses keluar-masuk kabin. Pintu gunting ini jadi solusi di pelataran parkir bertingkat di mana memiliki ruang terbatas, sehingga seringkali mobil tergores akibat terbentur pintu mobil disebelahnya saat dibuka.

MINI tetap menyediakan sistem pembuka darurat pyrotechnical yang membuat pintu terlepas dengan mudah saat terjadi kecelakaan. Teknologi ini dibuat untuk memudahkan tim penyelamat untuk mengevakuasi pengemudi maupun penumpang yang ada di dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini