Sukses

Mobil Kayu Bertenaga Listrik Toyota Siap Unjuk Gigi

Toyota menggandeng Sumitomo Forestry yang memiliki keahlian dalam konstruksi kayu.

Liputan6.com, Tokyo - Ajang Milan Design Week kembali digelar pada 12-17 April mendatang. Menyambut ajang itu, Toyota menyiapkan suatu mobil unik yang dinamai Setsuna.

Dilansir Carscoops, mobil ini dibangun dengan bodi berbahan kayu. Sementara itu, penggeraknya menggunakan motor listrik. Proses penciptaan Setsuna ini menggandeng Sumitomo Forestry yang memiliki keahlian dalam konstruksi kayu.

Sumitomo Forestry membantu memilih jenis kayu. Adapun bodi Setsuna terdiri dari 86 panel kayu yang dibuat secara handmade.

"Selagi kami menggunakan kayu sebagai material utama, kami dengan rekan-rekan juga menuangkan banyak waktu dan gairah ke dalam mobil itu, menciptakan prototipe dan mengevaluasi sehingga mobil akan menawarkan standar performa berupa perasaan saat mengemudi serta kenyamanan," kata Kenji Tsuji, insinyur yang bertanggung jawab untuk Setsuna.

Pada proses pengerjaan Setsuna ini Toyota menggunakan teknik tradisional Jepang termasuk okuriari yang memungkinkan panel dipasang tanpa menggunakan paku. Engsel pada rangka mobil diikat melalui pasak untuk memberikan suatu kekuatan penahan.

Aksen selain kayu tetap digunakan pada mobil ini seperti alumunium pada dop roda, setir, dan rangka kursi. Material ini juga memberikan kesan kontras pada visual untuk dipadu dengan struktur kayu.

Sebagai simbol istimewa, pada interior Setsuna dipasangi jam yang tidak hanya menunjukkan jam atau menit tetapi juga tahun.

Toyota berharap bentuk mobil dapat berubah seiring waktu. Ini karena material kayu perlahan akan menekuk dan membuat garis bodi lebih melengkung.

"Setsuna diciptakan melalui harapan dalam pikiran dan menerima berbagai pendapat. Kami percaya bila kedepannya dapat meningkatkan konsep ini," ucap Tsuji

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini