Sukses

Shock Shogun SP Jadi Solusi `Pinggang Patah` Naik NMax

Menurut Tovan, kalau memang pengguna Nmax ingin shock yang lebih empuk, ada cara mudah yaitu memanfaatkan shock Shogun SP.

Liputan6.com, Jakarta - Keluhan yang banyak dibicarakan pengguna Yamaha NMax adalah shock belakangnya. Menurut mereka, shock sepeda motor 150 cc ini terlalu keras, sehingga bantingannya tidak nyaman ketika melewati jalanan keriting.

Menurut Tovan, mekanik sekaligus penanggung jawab operasional bengkel Shock Motor Semarang di Jalan Raya Bogor Km 27, Jakarta Timur, hal ini disebabkan karena karakter shock Nmax itu sendiri.

"Memang shock Nmax keras. Sesuai dengan karakter shock keluaran Kayaba. Selain itu, posisi shock juga tegak. Shock yang semakin tegak membuat pantulannya semakin keras," ujar Tovan kepada Liputan6.com, Rabu (13/4/2016).

Karakter shock keras ini sebetulnya tidak salah, malahan punya kelebihan sendiri. "Karakter shock yang keras biasanya usia pakainya lebih awet," tambah pria yang telah bekerja sebagai mekanik shock sejak sepuluh tahun lalu itu.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakulan untuk mengatasi shock yang keras ini? Menurut Tovan, kalau memang pengguna Nmax ingin shock yang lebih empuk, ada cara mudah.

"Bisa dengan cara mengganti shock (per) standar dengan shock Suzuki Shogun SP, terutama kalau sering lewatin jalan yang jelek sekali. Dijamin lebih lebih enak. Tapi kalau yang mau kerasan sedikit, pakai shock Shogun biasa," jelas Tovan.

Dasar penggantian ini adalah diameter shock yang sama. Selama diameter satu shock sama dengan shock lain, maka keduanya bisa disubsitusi. Panjang shock yang berbeda bisa diantisipasi dengan cara dipotong.

Terakhir, pemilik NMax juga juga harus tau konsekuensi penggantian shock. "Pakai shock yang lebih empuk itu memang enak di jalan rusak. Tapi kalau buat lari jadi kurang enak, terasa limbung. Jadi memang semua kembali ke pertimbangan orangnya sendiri," tutup Tovan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.