Sukses

Muda Mudi Vietnam Hobi Stunt Riding

Di kota besar Vietnam, muda mudinya hobi stunt riding.

Liputan6.com, Hanoi - Tak beda jauh dengan Indonesia, anak-anak muda Vietnam juga suka segala hal yang berbau sepeda motor. Lebih spesifik, mereka sangat menggandrungi dunia stunt riding yang cukup berbahaya.

Dilaporkan tuiotrenews.vn, stunt riding mulai terkenal dalam beberapa tahun ke belakang, kira-kira lima tahun lalu. Tren ini terutama melanda anak-anak muda di kota besar termasuk Hanoi dan Ho Chi Minh City.

Nguyen Duc Phong yang tergabung dalam Hanoi Stunt Riders Club misalnya, mengaku olahraga jalanan ini sangat memacu adrenalin. "Stunting begitu adiktif. Setelah Anda ikut, Anda tidak bisa berhenti mendorong diri jadi lebih baik," ujar Phong.

Adapun beberapa sepeda motor yang jadi favorit adalah KTM Duke, Yamaha FZS, Honda MSX, Harley Davidson, Honda VT, dan Kawasaki, dengan kapasitas mesin minimal 200 cc.

Tentu yang dipakai bukanlah motor standar, melainkan yang telah dimodifikasi. Dalam hal ini, biaya yang keluar minimal 20 juta dong atau sekira Rp 11,8 juta.

Pengendara stunt juga diharuskan menggunakan pakaian pelindung, minimal helm standar dan sarung tangan, serta pakaian lengkap. Sebagian besar peralatan diimpor, dengan biaya setidaknya 10 juta dong atau setara Rp 5,9 juta.

Belum lagi biaya perawatan, hingga oli yang tak bisa dibilang murah. Modal yang hanya bisa diikuti oleh mereka yang berasal dari keluarga menengah ke atas.

Meski demikian, tak semua setuju dengan hobi anak muda ini, terutama orang tua mereka. Contohnya orangtua Tuan Anh yang merupakan perwira polisi. Padahal, anaknya cukup berbakat dan baru saja memenangkan kompetisi Motul Stunt Fest 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.