Sukses

Cek Kondisi Rantai dan Gir Motor dalam 10 Detik

Berikut adalah cara mengetahui kondisi rantai dan gir dalam waktu kurang dari 10 detik.

Liputan6.com, Jakarta - Rantai sepeda motor adalah komponen penting dalam keselamatan sekaligus kenyamanan berkendara. Fungsinya yang mendistribusikan gerak dari mesin ke roda membuat komponen ini harus selalu dicek kondisinya.

Sebetulnya, tak perlu waktu lama untuk melakukan hal ini. Dengan sedikit kecermatan, Anda hanya perlu waktu 10 detik. Bagaimana caranya?

Misalnya, sebagaimana dikutip dari motorcycle.com, lihatlah bagian rantai. Jika sedikit berkarat, maka itu tanda jika Anda harus membersihkannya. Setelah bersih, semprotkan rantai dengan pelumas khusus.

Kondisi rantai juga dapat dilihat dari kekendurannya. Jika sedikit kendur, maka itu tanda lain rantai harus diperbaiki. Ini bisa juga dilakukan dengan mencopot beberapa mata rantai, terutama saat usia rantai sudah relatif lama.

Rantai kendur juga terasa saat motor dikendarai. Jika motor sedang bergerak dengan kecepatan rendah, dan kemudian rantai kendor lalu mengencang, itu artinya rantai sudah tidak baik. Ini terjadi karena penghubung antara mata rantai sudah getas.

Selain rantai, komponen lain yang harus diperhatikan adalah gir. Gir yang sudah harus diganti dapat dilihat dari ujungnya yang sudah melancip. Jika tak segera diganti, maka rantai berpotensi slip dari gir saat berputar.

Selain dengan dilihat, cara lain mengetahui kondisi rantai adalah dari suara. Rantai dan gir yang sudah rusak biasanya mengeluarkan suara kasar yang tidak biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.