Sukses

Catat, Rahasia Supaya Performa Motor Tetap Bandel

Penggantian oli di kota besar periodenya lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor saat ini menjadi transportasi utama para komuter di kota besar. Performa sepeda motor dituntut untuk selalu prima mengingat perannya sebagai kuda beban.

"Motor harian kayak gini jarang rusak, orang tahunya motor bisa jalan. Kuncinya di perawatan rutin, oli mesin, filter udara, filter oli," jelas Supardiono selaku Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta kepada Liputan6.com belum lama ini.

Oli jadi elemen penting menjaga performa mesin. Untuk penggunaan di kota besar, pria dengan sapaan Pardiono ini mengimbau supaya periode penggantiannya yang lebih cepat.

"Untuk oli, semua motor itu harus rutin tiap 4 ribu kilometer. Kalo Jakarta saya sarankan 3 ribu kilometer karena mesin berputar terus," tuturnya.

Selain oli, Pardiono menyebut busi jadi komponen selanjutnya yang perlu mendapat perhatian. Kinerja busi ditentukan oleh ketebalan elektroda.

"Busi 8 ribu kilometer ganti. Kalau iridium bisa di atasnya, 10 ribuan umur optimal. Elektroda sudah tipis berpengaruh pada api," paparnya.

Komponen terakhir yang tak kalah pentingnya menjaga performa motor yaitu filter udara.

"Filter udara tiap 16 ribu kilometer ganti, kalo fisiknya masih bagus dan bersih ya belum. Diganti untuk memaksimalkan penyaringan, karena debu-debu halus nggak ketahuan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini