Sukses

Industri Otomotif Tawarkan Peluang Besar

Membuka bisnis sendiri merupakan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari

Liputan6.com, Depok - Di tengah masih timpangnya kesempatan kerja dan jumlah lapangan pekerjaan di Indonesia, membuka bisnis sendiri merupakan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Salah satu yang bisa dibilang besar adalah bisnis yang berkaitan dengan otomotif.

Hal ini ditegaskan oleh Arie Indra Perkasa, owner Street Arts Custom yang terletak di Jalan Tirtajaya, Grand Depok City, Depok, Jawa Barat. Ia membuka bengkel khusus modifikasi sejak 2013. Dan saat ini, ia mengaku omzetnya telah mencapai ratusan juta Rupiah.

"Omzet saya dari bengkel yang terhitung kecil ini bisa sampai sekian ratus juta per bulan. Itu gak ada yang percaya," ujarnya kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Ia membeberkan, sektor otomotif menawarkan peluang yang besar. Pasalnya, yang berkaitan dengan industri otomotif bukan hanya soal modifikasi atau hanya bengkel saja. Tapi sudah berkaitan dengan style seorang rider yang ceruknya sangat besar.

"Misalnya jual helm custom, lalu kaos-kaos yang lagi trend itu yang style-nya vintage. Itu kan korelasinya ke otomotif. Atau paling kecil, jual baut. Itu untungnya 100 persen. Modalnya Rp 500 dijual Rp 1000. Bayangkan besarnya perputaran
uang di industri otomotif," ujarnya.

Lantas, bagaimana jika ingin memulai usaha di bisnis ini? Arie mengatakan, satu cara paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan bergaul, memperbanyak jaringan. Dengan demikian, sudah ada calon pelanggan potensial bisnis Anda.

"Perbanyaklah teman. Network. Gandeng kerja sama semua orang, jangan anggap mereka kompetitor. Karena kan yang nantinya beli, awalnya pasti teman sendiri," tutup Arie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini