Sukses

Ford Ungkap Mesin Diesel Baru, Lebih Irit dan Hijau

Diesel 2.0 liter EcoBlue disebut sebagai game changer dalam hal efisiensi, konsumsi bahan bakar, dan tenaga.

Liputan6.com, Detroit - Di tengah ramainya skandal diesel yang melibatkan Volkswagen dan terbaru FIAT Chrysler, Ford sebagai pabrikan Amerika Serikat (AS) justru menambah keluarga mesin solar mereka.

Ya, sebagaimana dilansir dari Motor1, Kamis (28/4/2016) mesin baru tersebut masuk dalam keluarga new EcoBlue.

Melalui mesin ini, Ford mencoba menegaskan posisinya sebagai pabrikan yang piawai dalam menciptakan mesin futuristik. Ya, diesel 2.0 liter EcoBlue disebut sebagai game changer dalam hal efisiensi, konsumsi bahan bakar, dan tenaga.

Dijelaskan, diesel empat silinder itu akan disuntik ke Transit dan Transit Costum yang masing-masing menyediakan tiga opsi tenaga, yakni 105 Tk, 130 Tk, dan 170 Tk.

Yang terpenting, klaim Blue Ouval, EcoBlue menjanjikan 20 persen peningkatan torsi pada 1.250 rpm dibandingkan dengan mesin lama mereka 2.2 TDCi. Mereka pun berhasil meredam kebisingan sebesar empat desibel pada kondisi mesin stasioner.

Menariknya, Ford menjamin EcoBlue juga telah memenuhi standar emisi Euro 6. Ini mendobrak temuan studi yang menyebutkan 97 persen diesel modern kotor.

"Mesin baru ini lebih efisien dan menekan produksi CO2 sebesar 10 persen," kata Chairman and CEO Ford Eropa Jim Farley.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini