Sukses

Honda Mengancam Toyota di Singapura

Merek dan model mobil mana yang paling laris di Singapura?

Liputan6.com, Singapura - Toyota baru saja kehilangan tahtanya sebagai pabrikan terlaris di dunia setelah disusul Volkswagen (VW) dalam kuartal pertama 2016. Sementara di Indonesia, Toyota tetap jadi yang terlaris selama bertahun-tahun.

Bagaimana dengan di Singapura? Ternyata, sebagaimana dilaporkan Asia One, Jumat (29/4/2016), di negara pulau tersebut merek mobil terlaris adalah Toyota. Pabrikan asal Jepang itu berhasil menjual 4.165 unit mobil penumpang dalam tiga bulan pertama.

Posisi ini ditempel ketat oleh pabrikan Jepang lain, Honda. Honda Singapura mencatatkan angka penjualan sebanyak 4.012 unit, atau hanya berbeda sebanyak 153 unit saja. Ini tak terlepas dari larisnya penjualan Honda Vezel atau yang dikenal dengan HR-V.

Sebagai pembanding, tahun lalu Honda juga berada di bawah Toyota hingga tahun fiskal berakhir. Selisih antara keduanya tahun lalu mencapai angka 4.255 unit.

Dari 10 besar pabrikan, enam posisi teratas tidak berubah. Tahun ini Mitsubishi masuk ke 10 besar setelah sebelumnya berada di posisi 12. Sementara Audi terpaksa harus keluar dengan bertengger di posisi 11.

Dari sisi model, ternyata Toyota Corolla Altis lah yang paling laris. Sedan ini sudah terjual sebanyak 1.380 unit. Sementara di posisi kedua ada Mazda3 yang terjual 754 unit. Di posisi tiga, empat, dan lima, masing-masing ada Nissan Qashqai (724 units), Nissan Sylphy (414), dan Toyota Wish (375).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.