Sukses

Mengenal Jenis-jenis Mobil Berdasarkan Atapnya

Selain ukuran dan fungsi, ada pula pembedaan mobil berdasarkan jenis atapnya

Liputan6.com, Jakarta - Pengkategorian atau klasifikasi kendaraan roda empat biasanya didasarkan atas beberapa kriteria. Paling umum adalah berdasarkan ukuran serta fungsinya.

Meski memang, klasifikasi ini sebetulnya tak terlalu rigid. Bahkan konsumen kadang kebingungan untuk mengetahuinya. Di satu sisi, hal ini juga membuat pabrikan lebih luwes menentukan produknya masuk ke segmen apa.

Selain ukuran dan fungsi, ada pula pembedaan mobil berdasarkan jenis atapnya. Apa saja kategorinya? Diolah dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Convertible

Secara sederhana, mobil convertible didefinisikan sebagai mobil berukuran mini yang atapnya dapat dibuka, dengan cara dilipat. Dulu, buka atap ini dilakukan dengan cara manual.

Umumnya, mobil ini hanya dapat ditumpangi oleh dua orang, meski ada pula yang berkapasitas empat penumpang (sekali lagi, karena tidak ada definisi yang rigid tentang ini).

Mobil convertible terbagi lagi ke dalam dua sub kategori: convertible hardtop dan soft top. Sebagaimana namanya, perbedaan ini terletak pada bahan pembuat atap kendaraan.

Convertible soft top atapnya terbuat dari bahan lembut seperti vinly dan kanvas ringan. Sementara convertible hard top atapnya terbuat dari baja atau plastik keras. Convertible hard top menawarkan keamanan yang lebih, tapi kurang stylish jika dibanding convertible soft top.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Coupe



Coupe

Kategori mobil kedua adalah coupe. Sederhananya, mobil jenis ini diartikan sebagai variasi sport dari mobil sedan.

Pada medio 1950an, kadang coupe beratap terbuka disebut convertible coupe. Selain dilipat, atap mobil ini juga dapat dilepas keseluruhan. Biasanya cukup rumit untuk melepas komponen ini.

Convertible coupe yang hanya terdiri dari dua tempat duduk juga disebut roadster atau juga dikenal dengan spyder. Ini merupakan istilah yang berasal dari Amerika Serikat (AS), yang merujuk pada mobol dua penumpang tanpa atap.

Baru pada 1960an, coupe biasanya hanya merujuk pada kendaraan beratap tertutup. Sementara convertible, spyder atau roadster tetap dikenal, tanpa lagi ditambah embel-embel coupe lagi.

3 dari 3 halaman

Sunroof



Sunroof dan moonroof

Ini bukanlah kategori lain dari mobil. Tapi penting untuk diketahui karena berkaitan juga dengan atap mobil. Sunroof merujuk pada panel solid di atap mobil yang bisa membuat udara atai cahaya masuk jika dibuka.

Sementara moonroof adalah atap kaca pengganti material atap pada umumnya. Dengan ini, maka cahaya bisa masuk meski sunroof dalam keadaan tertutup, dan membuat udara masuk saat dibuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini