Sukses

Di Vietnam, Mobil Listrik Digunakan untuk Angkut Turis

Perdana Menteri Vietnam menyetujui proyek percontohan mobil listrik di dua provinsi baru. Mobil ini akan melayani kegiatan pariwisata.

Liputan6.com, Hanoi - Sejumlah negara berlomba membangun mobil listrik sebagai alternatif kendaraan berbahan bakar fosil. Tak terkecuali negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Negara yang disebut terakhir bahkan mungkin selangkah lebih maju dibanding tetangganya.

Baru-baru ini, sebagaimana dibandingkan Vietnamnews, Perdana Menteri Vietnam setuju untuk menjalankan proyek percontohan mobil listrik di dua provinsi baru. Mobil ini terutama untuk melayani kebutuhan pariwisata.

Sebagai pembanding, mobil listrik di Indonesia baru sampai pada tahap riset dan pengembangan. Belum ada proyek percontohan untuk kebutuhan sehari-hari.

Mobil listrik Vietnam akan digunakan untuk melayani wisatawan di Hoi An City di provinsi Quang Nam, dan di Phu Quoc Distric di provinsi Kien Giang. Dalam uji coba ini, yang menjadi fokus adalah keselamatan kendaraan.

Kemudian, setelah enam bulan uji coba, pemerintah provinsi akan melaporkan hasil evaluasi kepada pemerintah pusat. Pemerintah nantinya akan menentukan apakah mobil ini dapat dimanfaatkan lebih jauh atau tidak.

Bukan hanya itu, Departemen Perhubungan juga telah meminta penduduk setepat untuk mengomentari mobil listrik yang akan diuji. Rekomendasi warga akan diterima pejabat setempat pada akhir bulan ini.

Sebelum ini, mobil listrik Vietnam telah digunakan sebagai armada pariwisata di empat kota lain, yaitu di Hanoi, Nghe An, Thanh Hoa, dan Quang Binh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

Video Terkini