Sukses

Hasil Polling: 82 Persen Memilih Sepeda Motor Listrik

Sebuah polling yang dimuat Otomotif Liputan6.com menunjukkan bahwa mereka lebih memilih motor listrik daripada yang konvensional.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat nampaknya menantikan sepeda motor yang menggunakan bahan bakar alternatif. Sebuah polling yang dimuat Otomotif Liputan6.com menunjukkan bahwa mereka lebih memilih motor listrik daripada yang mengggunakan mesin bensin.

Ya, dari 572 pemilih, 82 persen di antaranya memilih motor listrik. Sementara sisanya, yakni 18 persen masih setia dengan motor bermesin konvensional.

Anggota Perwakilan Dewan Energi Nasional Rinaldy Dalimi menuturkan, sebuah draft soal penggunaan kendaraan listrik di Indonesia sedang diajukan ke pemerintah.

Dewan Energi Nasional, lajutnya telah mengajukan draft rencana umum energi nasional dengan sejumlah point. Pertama, meminta pemerintah menyusun percepatan pemanfaatan teknologi listrik pada kendaraan bermotor.

"Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian meminta produsen mobil menyediakan kendaraan bermotor hibirda, listrik, dan gas," tutur Rinaldy.

Diprediksi, produksi mobil listrik secara bertahap akan mencapai 2.200 unit. Sedangkan motor listrik 8 juta unit pada 2025.

"Ini adalah dorongan. Bisa saja angkanya lebih tinggi. Bila produsen bsia memproduksi secara murah," tutur dia.

Poin yang tak kalah penting, Dewan Energi Nasional meminta pemerintah memberikan insentif ke pabrikan motor dan mobil listrik. "Pemerintah juga diminta menyediakan 1.000 stasiun pengisian listrik pada 2025," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini