Sukses

Parah, Muscle Car Ini Tidak Lolos Uji Keselamatan

Muscle car tidak termasuk dari 99 persen kendaraan uji coba yang mendapat bintang 4 atau 5.

Liputan6.com, California - Mobil sport tidak hanya memiliki performa di atas rata-rata, harus didukung dengan standar keselamatan yang tinggi. Namun, pada faktanya tidak demikian, menurut hasil uji tabrakan yang dilakukan oleh Institute for Highway Safety di Amerika Serikat menemukan fakta jika muscle car tidak memenuhi standar.

Dilansir Autoblog, IIHS menguji tiga muscle car yaitu Ford Mustang, Chevrolet Camaro dan Dodge Challenger dan hasilnya ketiga mobil ikonik AS ini tidak masuk standar Top Safety Pick+ dan Top Safety Pick. Hasil ini menimbulkan pertanyaan bagaimana bisa mobil dengan kemampuan mesin yang gahar tidak didukung standar keselamatan tertinggi.

"Mobil tersebut dibangun dengan output besar dan dikendarai dalam kecepatan yang lebih tinggi sehingga berpotensi mengalami kecelakaan dalam kecepatan tinggi. Apa yang kami lihat di sini bila kendaraan tidak memakai fitur crash avoidance yang biasanya terdapat pada mobil keluarga," kata Presiden IIHS, Adrian Lund.

Fakta ini pun terbilang di bawah standar rata-rata dari hasil pengujian seluruh mobil karena 99 persen kendaraan mendapat bintang 4 atau 5. Dari tiga model yang ikut serta, hanya Chevrolet Camaro yang memperoleh skor lebih baik.

Mobil buatan General Motors ini memperoleh peringkat 'good' saat uji tabrakan dari depan dengan kecepatan 64 km/jam. Mustang mendapat peringkat 'acceptable' dan yang paling buruk adalah Dodge Challenger dengan peringkat 'marginal'.

Tim penguji melihat Challenger memiliki ruang pengemudi yang terbatas. Ini membuat risiko cedera pengemudi lebih serius pada bagian kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini