Sukses

Sienta, Mata Tombak Baru Toyota di Sumatera

Tidak seperti Avanza yang jadi tulang punggung penjualan TAM, Sienta hanya ditargetkan 3.000 unit per bulan.

Liputan6.com, Medan - MPV masih jadi primadona penjualan mobil di Indonesia. Tak heran bila model baru terus berdatangan untuk memperebutkan porsi pasar MPV.

Adalah Toyota Sienta yang baru saja diperkenalkan Toyota Astra Motor. Tidak seperti Avanza yang jadi tulang punggung penjualan TAM, Sienta hanya ditargetkan 3.000 unit per bulan. Berbeda jauh dengan Avanza yang penjualannya lebih dari 10 ribu per bulan.

"MPV masih yang terbesar, tapi Sienta porsinya hanya 3 ribu unit saja per bulan," Yusuhiro Takahashi, Senior Executive Coordinator Vehichle Sales Operation After Sales saat ditemui Liputan6.com di Medan.

Bila distribusi Sienta tahun ini di mulai Agustus, maka total penjualan akan mencapai 15 ribu unit. Artinya Sienta akan menyumbang sekira 5 persen perolehan dari total penjualan TAM. Tahun lalu mereka membukukan penjualan  321.818 unit.

Di Sumatera, masih menurut Takahashi, distribusi MPV Toyota mencapai 18 persen. "Secara nasional itu sama dengan 17 persen pangsa pasar MPV." MPV tetap menjadi ujung tombak pemasaran mobil di banding model lainnya.

Kehadiran Sienta diharapkan dapat lebih memperbesar pangsa Toyota di segmen MPV. "Kami ingin memberikan yang produk terbaik untuk konsumen. Jadi kami tidak terburu-buru memproduksi Sienta. Akhir Juli atau awal Agustus Sienta akan dikirim ke konsumen," ungkap Takahashi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini