Sukses

Tak Pandang Bulu, Polisi Juga Ditilang

Mobil patroli kepolisian South Yorkshire ditilang karena parkir di slot pengendara disabiilitas.

Liputan6.com, London - Polisi memiliki hak istimewa saat menjalankan tugas. Kinerja pihak berwajib saat menegakkan hukum kadang kala malah merugikan dari segi ketertiban lalu lintas.

Agar menjadi panutan yang baik di masyarakat, otoritas lalu lintas di Inggris berani menerapkan hukuman tilang bagi polisi yang memarkir mobil patroli sembarangan. Dilansir Mirror, sebuah mobil patroli kepolisian South Yorkshire ditilang karena kedapatan parkir di slot pengendara disabiilitas kawasan West Pier di Scarborough, North Yorkshire.

Aksi petugas lalu lintas ini membuat orang yang ada di sekelilingnya memandang dengan takjub, karena belum ada sejarahnya mobil patroli polisi ditilang. Seorang saksi mata bernama Graham Rhodes mengatakan bila warga bersorak dan bertepuk tangan saat petugas lalu lintas menjalankan tugasnya tanpa pandang bulu.

"Saya seperti melihat suatu karma karena peristiwa ini benar-benar aneh, petugas sebelumnya tidak yakin saat akan melayangkan tilang bagi polisi. Saya pikir masyarakat sangat terkesan melihat hukum yang berlaku setara kepada polisi sebagaimana ke orang sipil. Tidak ada bias di dalam pelaksanaannya," kata Graham.

Namun demikian, pelaksanaan tilang ini berjalan tidak semestinya. Kepolisian South Yorkshire di malam hari mencabut hukuman dan mengatakan bila surat tilang adalah kesalahan dan telah dibatalkan.

Mereka beralasan bila mobil polisi sedang dalam kondisi darurat sehingga akhirnya diizinkan menggunakan tempat parkir. "Kami mengonfirmasi bila hukuman tilang yang tadi dikeluarkan adalah suatu kesalahan dan telah dibatalkan," kata juru bicara otoritas parkir Scarborough Borough Council.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.