Sukses

Mobil NASCAR Versi Jalanan Dilego Rp 934,77 Juta

Nilai investasi saat membangun mobil sesuai regulasi NASCAR mencapai US$ 100 ribu atau sekira Rp 1,35 miliar.

Liputan6.com, California - Balap mobil National Association for Stock Car Auto Racing atau NASCAR khas Amerika menggunakan mobil khusus yang hanya bisa dikendarai di sirkuit. Sesuai dengan namanya, balapan ini pada awalnya memperlombakan mobil-mobil standar pabrikan.

Pada perkembangannya para tim beserta pembalap berkocek tebal melakukan riset dan ubahan besar-besaran yang membuat performa mobil jauh melonjak. Regulasi pun bergeser yang membuat balapan hanya mewajibkan tampilan mobilnya saja yang menyerupai versi standar.

Dilansir Autoblog, Mark Martin Carquest, seorang pensiunan pembalap NASCAR mencoba menawarkan bekas tunggangannya pada umum. Pembalap ini membangun Chevrolet Impala SS dengan nilai investasi mencapai US$ 100 ribu atau sekira Rp 1,35 miliar dengan proses modifikasi selama 2 ribu jam kerja untuk balapan musim 2008.

Ia pun ingin menjual seharga US$ 69 ribu atau sekira Rp 934,77 jutaan. Impala SS tersebut telah mendapat penyesuaian teknis agar bisa dikendarai di jalan umumd diantaranya menyetel ulang karakter suspensi agar lebih empuk serta memasang pintu.

Sementara itu, interior bekas mobil NASCAR lebih manusiawi karena adanya penyejuk udara Vintage, sound system Kenwood. Aura balap masih kental terasa dengan adanya empat buah bucket seat dengan sabuk keselamatan sesuai standar balapan.

Sedan ini menggunakan mesin ZZ383 dengan output 460 Tk yang dikawinkan transmisi manual lima percepatan dengan plat kopling milik pikap Dodge Ram. Impala SS jebolan NASCAR tersebut memiliki bobot hanya 1.406 kilogram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini