Sukses

Tingkatkan Akselerasi Jupiter MX 135 dengan Cara Ini

Banyak orang ingin kendaraannya mampu berakselerasi lebih cepat, tak terkecuali pemilik Yamaha Jupiter MX 135.

Liputan6.com, Depok - Banyak orang ingin sepeda motornya berakselerasi lebih cepat, tak terkecuali pemilik Yamaha Jupiter MX 135. Biasanya mereka melakukannya dengan mengakali sektor kopling.

Salah satu caranya adalah dengan membubut kaki mangkuk kopling sekitar 2-3 milimeter. "Itu bisa," ujar Hendra, Kepala Mekanik Suba Motor yang ada di Depok, Jawa Barat, kepada Liputan6.com, Selasa (7/6/2016). Menurutnya, dengan begitu cengkeraman kampas kopling bisa lebih kuat.

Cara ini juga jadi solusi alternatif dari mengganti per kopling yang lebih keras. Pasalnya, meski bisa lebih 'menggigit', per kopling keras juga bisa membuat bearing rumah kopling cepat aus karena keduanya bisa langsung bersinggungan.

"Tapi," tambah Hendra, "kalau fokusnya memang untuk meningkatkan akselerasi, bukan cuma satu komponen itu yang bisa diotak-atik." Salah satu komponen lain itu adalah noken as, yang merupakan komponen terpenting dalam mekanisme buka-tutup klep.

"Noken as juga bisa dipapas. Kalau dipapas, bahan bakar bisa terhisap lebih cepat ke ruang bakar. Noken as itu menentukan jumlah asupan bahan bakar dan udara yang masuk," tutup Hendra.

Untuk diketahui, Jupiter MX 135 sebentar lagi akan dihentikan produksinya. Hal ini disebabkan karena motor ini telah memiliki versi terbaru, yang mesinnya mencapai 150 cc. Meski begitu, pihak Yamaha memastikan sparepart-nya masih tetap ada hingga 10 tahun ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.