Sukses

Pakai Peninggi Shock di Jupiter MX 135, Ini Risikonya

Banyak pemilik motor ini yang menambahkan bantalan peninggi shock yang harganya hanya sekira Rp 20 ribu.

Liputan6.com, Depok - Salah satu keluhan mengenai Yamaha Jupiter MX 135 adalah motor ini sering mentok. Tak mengherankan karena ground clearance MX 135 relatif rendah, yaitu 130 milimeter (mm).

Untuk mengatasinya, banyak pemilik motor ini yang menambahkan bantalan peninggi shock yang harganya hanya sekira Rp 20 ribu, ketimbang mengganti shock dengan produk after market. Padahal, alat ini sebetulnya tidak direkomendasikan.

"Pakai sambungan seperti itu memang berisiko," ujar Hendra, Kepala Mekanik Suba Motor di Depok, Jawa Barat, kepada Liputan6.com, Selasa (7/6/2016).

Bantalan peninggi ini, terutama yang berbentuk kubus, membuat shock justru mudah patah. Hal ini disebabkan karena kemiringan yang berubah sehingga daya tahan terhadap tekanan pun berkurang.

Peninggi shock lain lebih sering digunakan pada Jupiter MX 135 adalah yang berjenis plat berpasangan. Shock ini memang lebih kuat dan tidak buat arm sobek. Harganya pun sama, sekira Rp 20 ribuan dan bisa dengan mudah didapat.

Meski begitu, agar benar-benar aman, Hendra menyarankan pemilik Jupiter MX 135 mengganti saja shock. "Mending yang shock after market, tapi ukuran lebih panjang. Misalnya yang bermerek YSS," tutup Hendra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini