Sukses

Solusi Otomotif: Mesin Honda Beat Tiba-tiba Mati

Pengguna Honda Beat injeksi mengeluhkan mesin yang tiba-tiba mati. Kenapa bisa terjadi dan apa solusinya?

"Motor saya Honda Beat injeksi 2014, kadang setelah motor deselerasi atau berhenti dari tiba-tiba mesin mati. Perlu waktu untuk menghidupkan mesinnya lagi. Kira-kira masalahnya di bagian apa? Terima kasih" -Marko- 

Liputan6.com, Jakarta - Terimakasih Pak Marko atas pertanyaannya. Saya mencoba jawab keluhan Honda BeAT Anda yang mesinnya tiba-tiba mati. 

Nah, sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan masalah itu: 

  1. Penyetelan RPM terlalu kecil (di bawah standar), pastikan rpm di-setting pada 1.700 +/- 100
  2. Tekanan fuel pump di bawah standar (tekanan standart 294 kpa)
  3. Busi sudah kotor dan melebihi waktu pemakaian, ganti busi stelah pemakaian 8.000 km.
  4. Akibat adanya kerak karbon (sisa hasil pembakaran bahan bakar) yang mengganjal di sisi payung valve sehingga mengakibatnya kompresi bocor dan hal ini mengakibatkan mesin mati.

Demikian penjelasan saya. Terima kasih. 

Salam 
Venus Adha

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.