Sukses

Jok Khusus Anak Belum Jadi Prioritas Pemilik Mobil di Indonesia

Bagi beberapa toko aksesori mobil, menjual kursi khusus anak-anak (car seat) belum jadi prioritas.

Liputan6.com, Depok - Car seat adalah fitur penting bagi anak-anak saat ada di dalam mobil. Sayagnya di Indonesia, car seat belum menjadi kebutuhan bagi orang tua untuk menjaga anaknya. Tidak heran bila kita akan sulit mencari car seat di toko aksesori mobil, kursi khusus ini belum jadi prioritas.

Hal ini setidaknya terungkap saat Liputan6.com mengunjungi toko aksesori yang terletak di Autopart Pasar Segar, Cinere, Depok. Menurut pemilik Bima Motor, menjual car seat tidak terlalu menguntungkan.

"Di sini tidak jual. Sebab harganya relatif mahal. Yang cari juga tidak banyak. Apalagi tempat ini (Autopart Pasar Segar) baru, jadi penjual juga belum mau `jor-joran`," ujar Maya, pemilik bengkel kepada Liputan6.com, Selasa (14/6/2016).

Pada salah satu situs jual beli online, satu buah car seat dibanderol dengan harga beragam, ada yang Rp180 ribu, tapi ada pula yang hingga Rp1,5 juta.

Menurut pengamatannya, jika ada konsumen mau membeli car seat, biasanya mereka tidak beli di toko aksesori mobil, melainkan di tempat perlengkapan bayi. "Biasanya mereka beli di toko khusus bayi," ujar ibu satu anak itu.

Untuk diketahui, car seat menjadi penting karena anak-anak hingga usia 10 tahun belum punya postur tubuh yang bisa dilindungi oleh seatbelt. Posisi kursi yang benar ditaruh di baris kedua, dan diposisikan menghadap belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini