Sukses

6 Faktor yang Pengaruhi Konsumen Memilih Motor, Kamu yang Mana?

Bintang iklan dan selera pasangan, jadi faktor yang mempengaruhi seseorang sebelum membeli sebuah motor.

Liputan6.com, Jakarta Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap moda transportasi roda dua atau motor makin tinggi. Hal ini tampak dari jalanan yang hampir tiap hari dipadati oleh kendaraan roda dua alias motor.

Bahkan, dalam satu keluarga banyak ditemukan memiliki lebih dari satu motor untuk menunjang aktivitas masing-masing anggota keluarga. Melihat kondisi tersebut, produsen-produsen motor pun tak ragu meluncurkan berbagai jenis dan tipe kendaraan roda dua mulai dari motor matik, road bike, hingga motor sport.

Banyaknya merk dan tipe motor terkadang membuat kita bingung ingin pilih yang mana. Secara umum ada 6 faktor yang dapat mempengaruhi seseorang sebelum menentukan pilihannya. Kira-kira faktor-faktor dibawah ini kamu alami juga gak ya?

1. Kebutuhan

Faktor pertama berdasarkan kebutuhan untuk mendukung aktivitas kerja atau hanya sebagai alat transportasi biasa. Jika cowok macho cenderung memilih motor sport untuk transportasi sehari-hari, buat kerja oke buat jalan pun asyik.

Kalau untuk sekedar mengantar anak ke sekolah dan berdagang, rasanya tak cocok kalau pakai motor sport. Maka supaya lebih fleksible dan multifungsi, seseorang akan pilih motor matik sebagai kendaraan sehari-hari. Motor matik memang jadi primadona masyarakat Indonesia terlihat dari jumlah penjualan motor matik tiap tahun yang meningkat dan sering terlihat wara-wiri di jalanan.

2. Bintang Iklan

Bintang iklan ternyata dapat mempengaruhi pilihan seseorang dalam menentukan motor yang akan dibeli, terkadang anak ABG yang seperti ini. Ingin motor yang seperti si tampan Aliando atau motor yang seperti dipakai di lucu, Ge Pamungkas. Kalau penggemar Valentino Rossi, bisa jadi akan mengikuti pilihan sang idola.

3. Selera Pasangan

Faktor selanjutnya selera pasangan, baik suami/istri atau kekasih sekalipun. Kalau kamu single dan hidup sendiri mungkin keputusan semua ditangan kamu. Kalau ada seseorang yang sehari-hari berkendara dengan motor kamu, maka selera pasangan akan berpengaruh dalam pemilihan motor.

4. Teknologi

Setelah menentukan pilihan model dan jenis motor, faktor selanjutnya adalah teknologi yang tersemat dalam motor tersebut. Pada umumnya seseorang menginginkan motor bertenaga dan mampu melesat lebih cepat, namun harus irit bahan bakar seiiring dengan harga BBM yang fluktuatif.

Beberapa tahun lalu teknologi ini mungkin tak banyak ditemukan. Namun seiring dengan berkembangan jaman muncul berbagai inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Misalnya inovasi "Blue Core" yang ada pada Motor Yamaha Mio Z. Inovasi ini mampu menghemat konsumsi BBM hingga 50%, lebih banyak 20% dari teknologi YMJET-FI yang muncul tahun 2012. Jadi, untuk dapat merasakan teknologi ini, kamu bisa memilih motor keluaran terbaru.

5. Warna

Sudah bukan hal aneh satu tipe motor memiliki berbagai varian warna. Produsen motor menciptakan berbagai pilihan warna untuk memenuhi keinginan konsumen Indonesia yang lebih heterogen. Jadi, warna termasuk dalam faktor yang mempengaruhi pemilihan motor.

6. Harga

Faktor selanjutnya dan menjadi yang terpenting adalah soal harga. Harga sebuah motor jelas sekali menjadi salah satu pertimbangan, karena ini berkaitan dengan kemampuan finansial. Meskipun ada fasilitas kredit, tetap saja tidak bisa dikesampingkan. Secara umum aturan untuk cicilan maksimal 30 persen dari pendapatan. Silahkan kamu menghitung sendiri, jangan sampai demi memiliki motor yang wah... kamu mengorbankan pengeluaran yang lain.

Nah, itulah 6 faktor yang umumnya mempengaruhi pilihan konsumen. Urutannya bisa berbeda-beda tergantung pribadi masing-masing.

Powered By:

Yamaha 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini