Sukses

Orang Kaya Malaysia Bisa Pakai Plat Nomor Eksklusif

Pemerintah Malaysia menyiapkan plat nomor istimewa 'VIP 1' sampai 'VIP 9999'.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Plat nomor kini fungsinya mulai bergeser menjadi simbol personalisasi pemilik kendaraan. Otoritas berwenang di Malaysia mulai tahun depan bakal melegalkan peredaran plat nomor eksklusif.

Dilansir Paultan, Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Seri Liow Tiong Lai menyetujui permohonan dari Departemen Pariwisata Pahang dan Dewan Kebudayaan untuk melelang plat nomor istimewa 'VIP 1' sampai 'VIP 9999'. Cara ini dilakukan bersamaan dengan Visit Pahang Year 2017.

Pemerintah daerah Pahang akan membayar sejumlah 1 juta Ringgit kepada Departemen Jalan dan Transportasi untuk hak menjual plat nomor kendaraan. Wakil Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Aziz Kaprawi mengatakan penerbitan seri plat nomor 'VIP' fungsinya sama seperti amal yang sering dilakukan lembaga swasta.

"Ini serupa dengan G1M (Gagasan 1Malaysia) dimana hasil penjualan dari plat nomor digunakan untuk mendukung ekspedisi ke Gunung Everest yang dilakukan Kelab Explorasi 7 Benua Malaysia dan 1M4U (1Malaysia For Youth) untuk gerakan pemuda," kata Kaprawi.

Namun demikian, penawaran plat nomor eksklusif oleh pemerintah tidak dilakukan secara transparan melalui tender. Pemerintah menyiapkan lembaga khusus untuk mengelola kas masuk dari penjualan plat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini