Sukses

Pabrikan Italia Tergoda Bikin Mobil Listrik Murah

Fiat Chrysler berharap bisa meniagakan mobil listrik murah.

Liputan6.com, Turin - Fiat Chrysler Automobiles berencana menambah line-up mobil listrik untuk mengisi portofolio merek Maserati dan Fiat. Maserati kebagian membangun sportscar dua pintu, sementara Fiat memproduksi city car.

"Saya selalu memikirkan model ekonomis dari Tesla yang bisa dibuat oleh Fiat Chrysler sebagaimana merek kami biasa garap. Saya pikir memanfaatkan salah satu mobil potensial untuk eksperimen menjadi sangat menarik," kata Sergio Marchionne, CEO FCA, seperti dikutip Motor1.

Marchionne memastikan mobil listrik pada Maserati akan dibangun dari versi produksi Alfieri. Adapun city car garapan Fiat rencananya menjadi mobil listrik pertama dari FCA yang dijual di Eropa.

"Saya tidak yakin seperti yang lainnya bila elektrifikasi adalah solusi untuk semua kebutuhan manusia. Kami butuh eksperimen dan elektrifikasi jadi salah satu jawaban potensial," katanya.

Prinsipal menginginkan city car Fiat ini nasibnya lebih baik ketimbang 500e yang mereka pasarkan di Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana diketahui, Fiat menanggung kerugian sebesar US$ 14 ribu atau sekira Rp 186 jutaan dari tiap unit 500e yang terjual. Sejauh ini, Marchionne belum membocorkan kapan mobil ini diperkenalkan.

FCA juga membuka peluang untuk menghadirkan elektrifikasi pada Alfa Romeo. Mobil listrik akan menggantikan versi hibrida.

"Setiap mobil dari plug-in hibrida menjadi mobil listrik," kata Harald Wester, Kepala Teknologi FCA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini