Sukses

Berapa Besaran Bonus Bos-Bos Toyota?

Pemegang saham Toyota setuju bonus untuk para eksekutif naik 25 persen dibanding 2014 menjadi total 1,105 miliar yen.

Liputan6.com, Aichi - Pemegang saham Toyota Motor Corp menyetujui proposal perusahaan yang berisi peningkatan bonus para untuk eksekutif. Mereka setuju mengeluarkan bonus 1,105 miliar yen pada tahun fiskal 2015 atau naik 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut laman toyota.co.jp, ada 66 eksekutif yang terbagi dalam tujuh jabatan, dari mulai President atau Board Directors. Jika dirata-rata, maka per orangnya akan mendapat jatah 16,74 juta yen atau setara Rp 2,12 miliar.

Dilaporkan Japan News, pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di kantor pusat Toyota, Prefektur Aichi, Jepang, kenaikan bonus ini dipastikan setelah Toyota mencatatkan keuntungan tertinggi untuk tahun ketiga berturut-turut.

"Kami (Toyota Group) mencapai penjualan lebih dari 10 juta unit," ujar Akio Toyota, Presiden Toyota.

Adapun, RUPS ini dihadiri oleh 5.148 pemegang saham, naik 493 dari tahun lalu. Ini adalah rekor yang belum pernah terjadi. Rapat berlangsung selama 1 jam 53 menit. Ini juga kali pertama RUPS selesai dalam waktu kurang dari dua jam.

Dalam kesempatan yang sama, dibahas pula pendekatan Toyota soal kendaraan ramah lingkungan, mobil otonomos, serta divisi motor sport.

Meski tahun lalu relatif baik, tahun ini Toyota justru memprediksi laba bersih tahunan mereka akan turun untuk pertama kalinya. Mereka memprediksi laba akan turun 35 persen menjadi 1,5 triliun Yen untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2017.

Penyebabnya karena kurs nilai tukar yen terhadap dolar, serta penjualan yang melambat di pasar Jepang sendiri, serta beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.