Sukses

Dua Komponen Penting agar AC Mobil Tetap Dingin

Air Conditioner atau AC punya fungsi penting untuk menjaga kabin mobil tetap sejuk dan nyaman saat perjalanan mudik Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Air Conditioner atau AC punya fungsi penting untuk menjaga kabin mobil tetap sejuk dan nyaman. Tak heran, komponen yang satu ini harus dipastikan dalam kondisi baik, apalagi ketika Anda hendak melakukan perjalanan jauh.

Tentu saja, perawatan rutin jadi kunci agar AC tetap mengembuskan udara sejuk dan segar. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang luput memperhatikan kondisi AC. Demikian diakui Workshop Manager PRO-Q, Authorised Workshop Denso, Heru Wibowo.

"Pemilik mobil memiliki paradigma salah, untuk urusan AC hampir tidak ada yang aware. Kalau belum ada masalah, belum ke bengkel," kata Heru kepada Liputan6.com.

Pada AC, komponen yang harus diperhatikan betul adalah kompresornya. Untuk itu, Heru menyarankan pemilik mobil rutin mengganti pelumas kompresor.

"Pada prinsipnya jantung utama AC itu kompresor. Kompresor menggunakan oli, harus diganti berkala 1 tahun sekali atau 20 ribu kilometer, tergantung mana yang lebih cepat tercapai," ia menambahkan.

Selain kompresor, komponen lain yang tidak kalah penting dalam menjaga embusan AC tetap segar adalah filter. Menurut dia, tingkat polusi di Jakarta yang tinggi otomatis membuat filter AC mobil cepat kotor dan otomatis akan menghambat hembusan AC.

"Jakarta yang polusinya tinggi sangat mempengaruhi pendinginan mobil. Kalau filter AC kotor, anginnya kecil atau bahkan sama sekali tidak keluar," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.