Sukses

Ini Keunggulan Ban Asimetris Michelin untuk GP Sachsenring

Bahu ban kiri didukung karet yang lebih keras.

Liputan6.com, Paris - Michelin selaku pemasok tunggal ban MotoGP menyediakan ban asimetris untuk balap di sirkuit Sachsenring, Jerman. Ban ini memiliki karakter bahu sisi kiri yang lebih keras ketimbang kanan.

Persiapan khusus ini menyusul karakter sirkuit yang memiliki tikungan kiri yang panjang dan cepat, tikungan lambat di kanan, serta aspal yang abrasif. Total, terdapat 10 tikungan ke sisi kiri di sirkuit yang berlokasi 100 kilometer dari Dresden tersebut.

"Sachsenring bukan tempat yang baik! Sirkuit ini sangat menuntut (performa) dan tata letaknya dengan tikungan panjang ke kiri secara umum membuat ban lebih panas," kata Piero Taramasso, Manajer Two-Wheel Motorsport Group

Dilansir Roadracingworld, Michelin merancang kompon ban depan secara spesifik untuk menghadapi tekanan lebih besar dari tikungan ke kiri. Bahu ban kiri didukung karet yang lebih keras untuk menghadapi suhu yang lebih tinggi di trek sepanjang 3.671 meter.

Begitu pun ban belakang, pabrikan asal Prancis tersebut merancang bahu kanan dengan kompon lebih lunak agar lebih cepat panas. Kompon ini memberi cengkraman lebih baik kepada pembalap saat melibas tikungan kanan yang lambat, sehingga mendukung akselerasi lebih cepat.

Kompon ban belakang di bahu kiri juga dibuat lebih keras seperti halnya ban depan. Material ban tersebut akan sangat mendukung performa motor melahap tikungan cepat ke kiri.

"Kami membuat desain kompon yang benar-benar baru khusus untuk trek ini. Ini pertama kalinya kami memiliki ban belakang asimeteris dimana bahu kiri lebih keras untuk menghadapi termperatur tinggi serta ditunjang kompon lembut di kanan yang cepat panas untuk tikungan lambat dan tajam di kanan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini