Sukses

Ini Alasan Tuas Persneling Toyota Sienta Ada di Bawah

Toyota Sienta yang dipasarkan di Indonesia memiliki perbedaan dengan model di Jepang.

Liputan6.com, Bandung - Toyota Sienta yang dipasarkan di Indonesia memiliki perbedaan dengan model di Jepang. Salah satunya adalah penempatan tuas transmisi dan rem tangan.

Jika di Indonesia posisi tuas perseneling dan rem tangan berada di bawah atau konsol tengah seperti layaknya MPV sejuta umat, Toyota Avanza. Sementara di Jepang, posisi tuas menyatu dengan dashboard.

Project Manager Toyota Motor Corp untuk Sienta Hiroki Sunouchi mengatakan, perbedaan ini didasarkan pada perbedaan kebiasaan pengendara di kedua negara.

"Di Jepang, posisi tuas menyatu dengan dashboard untuk menghasilkan ruang yang lebih luas di bagian depan. Tapi pengguna di Indonesia sudah terbiasa mengoperasikan transmisi di bagian bawah dan ini hal yang normal di Indonesia," katanya di sela acara media test drive Toyota Sienta di Bandung, Jawa Barat.

"Itu sebabnya kami menempatkan posisi transmisi untuk pasar Indonesia di bawah. Itu alasannya," Sunouchi menambahkan.

Lebih lanjut ia menyebutkan, 99 persen pengguna mobil di Jepang menggunakan model matik. Pengoperasian mobil matik tentunya tidak serumit tipe manual. (ian/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.