Sukses

Mazda Miata Pakai Konsep Khusus Biar Makin Ringan

Mazda mengembangkan material serat karbon yang terjangkau untuk bahan baku Miata.

Liputan6.com, Tokyo - Miata generasi keempat sebenarnya tidak bisa dibilang sebagai mobil sport yang berat. Namun demikian, Mazda selaku produsen ingin mengurangi bobot Miata secara signifikan di masa depan.

Dilansir Leftlanenews, roadster ini nantinya bakal memakai bahan yang lebih ringan, salah satunya yaitu serat karbon. Mazda pun mengindikasikan untuk mengembangkan serat karbon secara mandiri demi menekan biaya.

"Dalam material ringan di masa depan akan sangat penting dan bakal digunakan pada mobil ini. Sekarang serat karbon sangat mahal, namun kami sedang mengembangkan versi terjangkau. Jadi, MX-5 bakal lebih ringan di masa depan," kata Nobuhiro Yamamoto.

Pengurangan bobot ini disertai degan pengurangan kapasitas mesin. Pabrikan yang bermarkas di Hiroshima ini menyiapkan mesin tiga silinder tanpa dukungan turbocharger.

"Ini adalah konsep yang sederhana, kendaraan bobotnya semakin ringan sehingga memakai mesin dan ban yang lebih kecil. Ini mobil sport yang ringan," ucapnya.

Namun, generasi terbaru Miata masih lama untuk diluncurkan. Roadster ini paling cepat meluncur pada 2021 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini