Sukses

Banyak Dicari, Harga Yamaha X-Ride Bekas Melambung

Harga motor matik bekas mengalami kenaikan Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar motor bekas (motkas) beberapa pekan pasca Lebaran kembali ramai. Kondisi ini berdampak pada naiknya harga motkas di pasaran.

Weli, salah seorang pedagang motkas di bilangan Kebon Pala, Jakarta Timur menjelaskan kenaikan ini bervariasi antara Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta. Kenaikan terjadi pada model-model yang banyak dicari pembeli.

"Motor matik di beberapa model ada yang naik. BeAT contohnya, untuk keluaran 2008 atau 2009 harganya naik Rp 500 ribuan," tutur penjual yang biasa menawarkan via online ini kepada Liputan6.com. Menurut dia, pasaran Honda BeAt adalah Rp 6-6,5 juta.

Kenaikan harga motkas yang cukup signifikan, kata Weli, terjadi pada Yamaha X-Ride. Skutik bergaya adventure ini harganya melonjak di atas Rp 1 juta.

"Paling tinggi X-Ride naiknya, dari Rp 6,7 jutaan sebelum Lebaran, sekarang pasarannya Rp 7,9 juta. Naiknya sudah Rp 1,2 juta itu, barangnya juga jarang yang jual sih," ucapnya.

Namun demikian, pergerakan harga motkas pada umumnya turun dibanding paruh pertama 2016. Kondisi ini dianggap masih wajar karena semakin banyaknya jumlah pembeli motor baru yang berdampak pada bertambahnya motkas.

"Namanya barang pasti makin lama nilainya makin turun, untuk sekarang sih masih wajar paling tinggi sekira Rp 500 ribu turunnya. Banyak motor baru pasti menggerus harga motor bekas," tuntas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.