Sukses

Mengapa Isuzu mu-X 1.9 Blue Power Tak Kunjung ke Indonesia?

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi menghadirkan new Isuzu mu-X

Liputan6.com, Jakarta - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi menghadirkan new Isuzu mu-X. Sayangnya, model anyar yang dirilis bukan mu-X 1.9 Blue Power yang sudah lebih dulu lahir di Thailand.

IAMI memiliki alasan tersendiri mengapa mu-X 1.9 Blue Power belum juga diboyong ke Indonesia. Teknologi yang diadopsi menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Joen Boediputra Marketing Director LCV IAMI mengatakan, secara spesifikasi mesin dan standar Euro yang diterapkan mu-X Blue Power lebih tinggi dibanding model yang ada saat ini. Karena teknologi inilah yang membuat harga jual mu-X Blue Power lebih tinggi dari model sebelumnya.

"Memang mu-X 1900 cc lebih kecil (mesinnya) dibanding dengan current model. Tapi cc kecil, teknologi tinggi, jadi harga bisa lebih mahal," katanya di Senayan Golf, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Alasan kedua adalah permintaan untuk mu-X Blue Power di negeri pembuatnya masih sangat tinggi. Hal ini membuat negara lain yang menantikan model baru ini harus sabar menunggu.

"Pabrik di Thailand saja belum bisa penuhi domestic market yang 1.900 (mu-X Blue Power). Planning-nya, semester dua ini mulai diekspor ke Timur Tengah, dan kelihatanya akan delay," ujar Joen.

Meski belum bisa memastikan, ia menyebut kehadiran mu-X Blue Power di Tanah Air bisa datang tahun depan. "Paling cepat bisa berbarengan dengan Timur Tengah," katanya.

Sebagai infomasi, mu-X yang saat ini beredar menggunakan mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5 L berteknologi Direct Fuel Common Rail berkekuatan 134 Tk dengan torsi 32,6 Kgm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini